Membersihkan Diri dan Berpakaian Terbaik, Sunnah Jumat yang Sayang Dilewatkan Bagi Kaum Muslimah

loading...
Membersihkan Diri dan Berpakaian Terbaik, Sunnah Jumat yang Sayang Dilewatkan Bagi Kaum Muslimah
Mandi sebagai bagian dari upaya membersihkan diri ini juga termasuk dalam amalan hari Jumat yang disunnahkan, bahkan mandi di hari jumat ini disamakan seperti mandi janabah. Foto ilustrasi/ist
Karena keistimewaannya, amalan di hari Jumat akan penuh dengan pahala, salah satunya adalah membersihkan diri dan memakai pakaian terbaik. Tak hanya untuk kaum pria yang akan melaksanakan shalat Jumat, amalan ringan tersebut juga berlaku bagi kaum perempuan muslimah yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Masuk Surga Sambil Tertawa

Keistimewaan hari Jumat terdapat dalam sebuah riwayat, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jum'at.” [HR.Muslim]

Kenapa membersihkan diri dan memakai pakaian terbaik, termasuk sunnah yang banyak pahala di hari Jumat? Sunnah untuk membersihkan diri ini tidak hanya berlaku untuk kaum laki-laki yang akan menunaikan sholat Jumat saja. Akan tetapi, ini juga berlaku untuk perempuan sebagai amalan hari Jumat yang utama karena disunnahkan untuk membersihkan diri di hari yang istimewa ini.



Baca juga: Hukum Melepas Alas Kaki di Kuburan

Mandi sebagai bagian dari upaya membersihkan diri ini juga termasuk dalam amalan hari Jumat yang disunnahkan, penjelasannya didapatkan dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah. Dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah…,” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Rahasia Menjadi Istri Shalehah? Ini Tipsnya!

Bahkan ada sebagian ulama yang menjadikan mandi Jumat ini wajib hukumnya. Hal ini berdasarkan sebuah hadis dari Abu Sa’id Al Khudri, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh,” (HR Bukhari dan Muslim).

Bukan hanya mandi, Rasulullah SAW juga menganjurkan amalan yang lain yang bisa dilakukan dengan mudah. “Hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak,” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Cegah Polarisasi, Pilpres 2024 Sebaiknya Diikuti Lebih dari Dua Pasangan

Selain mandi dan sikat gigi, memotong kuku juga menjadi amalan hari Jumat yang bernilai pahala. Selain mendapatkan kebersihan dan turut membantu dalam menjaga kondisi kesehatan.

Setelah membersihkan diri, maka kaum muslim dan muslimah juga disunnahkan memakai pakaian terbaiknya di Hari Jumat ini.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Baca juga: Harga Emas Antam Mulai Menanjak Naik, Buruan Cek Harganya

Dalam hadis tersebut, Nabi mendorong umatnya tidak hanya kaum laki-laki namun juga perempuan untuk membeli pakaian khusus dan terbaik supaya bisa dikenakan pada hari yang istimewa yaitu hari Jum'at. Akan tetapi, sangat disarankan untuk pria dan wanita muslim untuk mengenakan pakaian berwarna putih pada hari Jumat.

“Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian.” (H.R. Tirmidzi)

Baca juga: Pengadilan Belanda Lacak Rudal BUK yang Jatuhkan Malaysia Airlines MH17

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اذۡكُرُوۡا اللّٰهَ ذِكۡرًا كَثِيۡرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya,

(QS. Al-Ahzab:41)
cover bottom ayah
preload video