10 Keutamaan Zikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil 'Azhim

Jum'at, 11 Juni 2021 - 15:20 WIB
loading...
10 Keutamaan Zikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Azhim
Zikir ini selain disukai Allah juga dapat memperlancar rezeki bagi yang rutin membacanya. Foto/Ist
A A A
Zikir "Subhanallahi Wabihamdihi Subhanallahil 'Azhim" memiliki keutamaan yang sangat agung. Selain disukai Allah, juga dapat memperlancar rezeki bagi yang rutin membacanya.



Zikir ini merupakan salah satu kalimat yang banyak dianjurkan di dalam hadis-hadis Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Berikut 10 keutamaannya:

1. Berat dalam Timbangan
Rasulullah SAW bersabda: "Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai oleh (Allah) Yang Maha Pengasih, yaitu kalimat Subhanallah wabihamdihi, Subhanallahil 'Azhim (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya, Mahasuci Allah Yang Maha Agung)."” (HR Al-Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072).

2. Sebaik-baik Ucapan kepada Allah
Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya sebaik-baik ucapan kepada Allah Ta'ala adalah kalimat Subhanallahi wa Bihamdihi." (HR Muslim dan Tirmidzi)

3. Perkataan yang Paling Utama
Diriwayatkan dari Abi Dzar, Rasulullah pernah ditanya, "Perkataan apa yang paling utama?" Beliau menjawab: "Yang dipilih oleh Allah bagi para Malaikat dan hamba-hamba-Nya, yaitu Subhanallah wa Bihamdihi (Mahasuci Allah dengan segala puji bagi-Nya)." (HR Muslim)

4. Dosanya Diampuni Sebanyak Buih di Lautan
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa mengucapkan Subhanallah wa Bihamdihi seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut." (HR Muslim dan at-Tirmidzi)

5. Memperoleh Banyak Kebaikan
Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW berkata kepada para sahabatnya: "Ucapkanlah Subhanallah wa Bihamdihi sebanyak seratus kali. Barangsiapa mengucapkannya satu kali maka tertulis baginya sepuluh kebaikan. Barangsiapa mengucapkannya sepuluh kali maka tertulis baginya seratus kebaikan. Barangsiapa mengucapkannya seratus kali maka tertulis baginya seribu kebaikan. Barangsiapa menambahnya maka Allah pun akan menambahnya, dan barangsiapa memohon ampun, niscaya Allah akan mengampuninya."

6. Kalimat yang Sangat Dicintai Allah
Dalam Kitab "Syarhul Washiyah" diterangkan sebuah hadis mengenai keutamaan Zikir Subhanallah wa Bihamdihi. Dikatakan bahwa kalimat Subhanallah wa Bihamdihi adalah kalimat yang sangat dicintai Allah dan merupakan kalimat paling utama dari kalimat-kalimat lainnya. Barangsiapa mengucapkannya maka akan tertulis baginya kebaikan yang banyak dan Allah akan menghapus dosa orang yang mengucapkannya walau dosa orang tersebut lebih banyak daripada buih yang ada di lautan.

7. Mendapat Limpahan Rezeki
Dalam musnad Imam Ahmad diceritakan bahwa ketika menjelang ajal Rasulullah SAW, Beliau memanggil putrinya dan berkata: "Aku perintahkan engkau agar selalu mengucapkan Subhanallah wa Bihamdihi, karena kalimat itu merupakan doa seluruh makhluk dan dengan kalimat itulah semua makhluk mendapat limpahan rezeki."

8. Kalimat yang Dipilih Allah
Abu Dzar berkata: "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, amal apakah yang paling dicintai Allah. Beliau menjawab, "Yang telah dipilih Allah untuk para Malaikat-Nya, yaitu Subhanallah wa Bihamdihi Subhanallahil Azhim."

9. Dunia Akan Mengadatnginya
Diriwayatkan dalam "Shahih Al-Bukhari" bahwa suatu ketika datang seorang lelaki mengeluhkan keadaannya kepada Rasulullah SAW. Ia berkata, "Dunia ini telah berpaling dariku dan yang telah kuperoleh dari tanganku sangatlah sedikit." Rasulullah bertanya kepadanya: "Apakah engkau tidak pernah membaca doanya para Malaikat dan tasbihnya seluruh makhluk yang dengan itu mereka mendapat limpahan rezeki?" Lelaki itu bertanya, "Doa apakah itu wahai Rasulullah?" Rasulullah SAW menjawab, "Subhanallah wa Bihamdihi Subhanallahil 'Azhim", dan beristighfarlah kepada Allah sebanyak seratus kali di antara waktu terbitnya fajar hingga menjelang waktu shalatmu. Dengan itu dunia akan tunduk dan merangkak mendatangimu. Allah menciptakan dari setiap kalimat tersebut Malaikat yang selalu bertasbih kepada Allah hingga hari kiamat dan untukmu pahalanya." (HR Al-Bukhari)

10. Zikir Terbaik
Dalam hadits riwayat Imam Muslim, zikir dengan ucapan lafal "Subhanallahi wa bihamdihi 'Adada khalqihi, wa Ridhaka Nafsihi, wa Ziinata 'Arsyihi, wa Midada Kalimatihi' (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya sebanyak bilangan makhluk-Nya, dan sebesar ridha diri-Nya, dan seberat 'Arasy-Nya dan sebanyak hitungan kalimatNya). (HR Muslim)

Berikut Lafaznya:
سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ العَظِيْمِ

Subhanallahi wa Bihamdihi Subhanallahil 'Azhim

"Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung".

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)