Mengenal 7 Pintu Neraka yang Mengerikan

Jum'at, 18 Juni 2021 - 13:44 WIB
loading...
Mengenal 7 Pintu Neraka yang Mengerikan
Neraka itu adalah tempat penyiksaan yang kemudian banyak disebut orang dengan nama Jahannam, neraka ini memiliki 7 pintu. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam Islam, neraka adalah negeri yang dijanjikan Allah subhanahu wa ta'ala untuk orang-orang yang kufur kepada-Nya, menentang syariat-Nya, dan mendustakan para rasul-Nya. Neraka juga adalah negeri kesedihan , kepedihan, dan kesengsaraan. Dialah seburuk-buruknya negeri dan tempat tinggal.



Banyak sekali ayat Al-Qur'an yang menginformasikan tentang neraka, termasuk tingkatan-tingkatannya dan para calon penghuninya. Antara lain yang diungkap dalam Surat al-Hijr berikut ini,

وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ......لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَٰبٍ لِّكُلِّ بَابٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُومٌ

"Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (para pengikut setan) semuanya. Ia (Jahannam) mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka," (QS. al-Hijr : 43-44).



Ustadz Abu Bassam Oemar Mita Lc, dalam laman instagramnya menjelaskan, bahwa neraka itu adalah tempat penyiksaan yang kemudian banyak disebut orang dengan nama Jahannam. Jahannam itu memiliki tujuh pintu, setiap pintu (tingkat), telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari para makhluk-Nya. Pintu (tingkat) neraka yang disebutkan di dalam Al - Quran adalah sebagai berikut:

1. Hawiyah

Neraka yang diperuntukkan pada orang-orang yang ringan timbangan kebaikannya, yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan.(Surah Al - Qari'ah )



2. Jahiim

Neraka sebagai tempat penyiksaan orang-orang musyrik atau orang yang menyekutukan Allah. Mereka akan disiksa oleh para sesembahan mereka. (Surah Asy - Syu'ara ' dan Surah As - Saffat.)

3. Saqar

Neraka untuk orang munafik, yaitu orang yang mendustakan perintah Allah dan rasul. Mereka mengetahui bahwa Allah sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Muhammad, tetapi mereka meremehkan syariat Islam. (Surah Al-Muddathir).



4. Lazhaa

Neraka yang disediakan untuk orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang miskin. Bagi mereka yang tidak mau bersedekah, membayar zakat, atau bahkan memasang muka masam apabila ada orang miskin datang meminta bantuan. (Surah Al-Ma'arij).

5. Huthamah

Neraka yang disediakan untuk orang yang gemar mengumpulkan harta berupa emas, perak atau platina, mereka yang serakah tidak mau mengeluarkan zakat harta dan menghina orang miskin. (Surah AlHumazah).



6. Sa'iir

Neraka yang diisi oleh orang-orang kafir dan orang yang memakan harta anak yatim . (Surah Al - Ahzab, Surah An - Nisa ', Surah Al - Fath dan Surah Luqman)

7. Wail

Neraka yang disediakan untuk para pengusaha atau pedagang yang licik, dengan cara mengurangi berat timbangan, mencalokan barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. (Surah Al-Tatfif dan Surah AtTur) .

Kita berlindung kepada Allah dari segala siksaan dan kepedihan neraka. Waiyyadzhubillah



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)