Terapkan 4 Amalan Ini Sebagai Gaya Hidup Baru Muslimah, Ganjarannya Surga Lho!

Kamis, 17 Juni 2021 - 13:42 WIB
loading...
Terapkan 4 Amalan Ini Sebagai Gaya Hidup Baru Muslimah, Ganjarannya Surga Lho!
Tak perlu risau dengan gaya hidup masa kini, karena sebagai muslimah ada banyak sunnah yang bisa dijadikan gaya hidup baru muslimah yang ganjarannya surganya Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Apapun gaya hidupnya, seorang muslim yang baik harus selalu memberikan manfaat bagi sesama. Selalu dekat dengan Allah SWT, melakukan semua ajarannya dengan baik, menghormati sesama dan saling menyayangi satu sama lain. Itulah cara menanggapi gaya hidup masa kini menurut islam.

Baca juga: Shalat Hadiah Bagi Jenazah, Apa Maksudnya?

Tetapi, ada lho gaya hidup sesuai syariat yang keren dan bahkan akan mendapatkan ridho Allah serta surga sebagai balasannya. Tentu saja, bila muslimah konsisten menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari . Gaya hidup seperti apa? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut amalan gaya hidup tersebut:

1. Qana'ah

Sifat qana'ah adalah selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan. Menurut Ibnu Baththol, qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Ta’ala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik.

Nah, jika seorang muslimah telah merasa cukup dan ridho atas segala ketetapan Allah, maka ia akan senantiasa menjadi orang yang mudah bersyukur.

Baca juga: Rumah Tangga, Tempat Awal Iblis Merusak Masyarakat

Perhatikan hadis berikut: “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim).

2. Menjaga lingkungan

Lingkungan di sekitar kita harus benar-benar kita jaga. Pepohonan, tanah, sungai, bebatuan semuanya adalah makhluk yang telah Allah ciptakan untuk kehidupan manusia. Maka selayaknya harus kita jaga. Melalui air, tanaman, buah-buahan dan semuanya itulah kita bisa hidup di dunia. Untuk itu Allah juga menganjurkan kita untuk menjaganya.

Dalam beberapa hadis Rasulullah menganjurkan kita untuk menjaga lingkungan seperti tidak menebang pohon dengan seenaknya dan mencemari lingkungan

Baca juga: Hati-hati, 8 Perkara Ini Menjerumuskan Lisan ke Dalam Dosa Besar

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Jauhilah dua perbuatan yang mendatangkan laknat!" Sahabat-sahabat bertanya, "Apakah dua perbuatan yang mendatangkan laknat itu?" Nabi menjawab, "Orang yang buang air besar di jalan umum atau di tempat berteduh manusia." (HR Muslim)

Dalam riwayat lain disampaikan, "Janganlah seorang dari kalian kencing di air tenang yang tidak mengalir kemudian mandi di dalamnya." (HR Bukhari dan Muslim)

3. Sedekah

Sejatinya, semua harta yang kita miliki adalah hanya titipan dari Allah. Semuanya bisa saja hilang dengan sekejap mata jika Allah menghendaki. Maka sudah seharusnya harta yang kita miliki juga dipisahkan untuk orang-orang yang kurang mampu sebagai sedekah.

Baca juga: Ada di Lebih dari 80 Negara, Covid-19 Varian Delta Menyebar Sangat Cepat

Selain itu, sedekah juga akan membuat rezekimu semakin bertambah dan bisa membawamu ke surga kelak lewat pintu surga khusus untuk orang-orang yang senang bersedekah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
“Siapa yang berinfaq sedikit saja untuk dua kendaraan di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: wahai hamba Allah ini adalah hasil kebaikanmu! Jika ia ahli shalat, maka akan dipanggil dari babus shalah (pintu shalat), jika ia ahli jihad maka akan dipanggil dari babul jihad (pintu jihad), jika ia ahli sedekah maka akan dipanggil dari babus shadaqah (pintu sedekah), jika ia ahli puasa maka akan dipanggil dari pintu puasa atau babur rayyan (pintu ar Rayyan)” (HR. Bukhar dan Muslim).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1942 seconds (11.210#12.26)