Tidurpun Bisa Mendatangkan Ganjaran Pahala Asal Tahu Caranya

Sabtu, 19 Juni 2021 - 12:57 WIB
loading...
Tidurpun Bisa Mendatangkan Ganjaran Pahala Asal Tahu Caranya
Rasulullah memberikan panduan agar saat tidur pun dapat mendatangkan pahala. Panduan sebelum tidur yang diberikan Rasulullah juga akan membuat tidur kita tidak hanya berkualitas tapi juga berpahala. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Tidur adalah kodrat manusia . Terkadang, setiap orang mengatur waktu agar mendapat kesempatan tidur yang cukup. Jam tidur diatur dengan tepat agar kondisi badan bisa mendapatkan waktu rehat yang cukup. Sehingga, saat bangun badan kembali bugar.



Bagi seorang muslim, tidur itu bukan aktivitas biasa yang sekadar hanya untuk melepas lelah dan memenuhi rasa kantuk. Tidur bagi setiap muslim sangat bernilai ibadah jika tahu caranya.

Artinya, dalam Islam, tidur pun bisa mendatangkan pahala. Yakni jika sebelum tidur kita mengikuti panduan yang diajarkan Rasulullah. Ada sunnah-sunnah ketika hendak tidur. Berikut kiat sebelum tidur yang biasa dilakukan Rasulullah :



1. Berwudhu sebelum tidur

Dalam hadis yang diriwayatkan dari HR Bukhari dan Muslim, dianjurkan untuk berwudhu selayaknya akan melakukan shalat.

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Membersihkan tempat tidur

Masih diriwayatkan dari HR Bukhari dan Muslim membersihlan tempat tidur merupakan upaya untuk menjaga diri dari kotoran atau sesuatu yang membahayakan.



"Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”. (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Membaca do'a sebelum tidur

Dari Hudzaifah meriwayatkan dari HR Bukhari, bahwa hidup dan mati adalah milik Allah SWT, dengan membaca doa sebelum tidur, tidur kita terhitung sebagai ibadah.



"Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari)

4. Membaca surat Al-Ikhlas

Hitungan pahala jika membaca Surah Al-Ikhlas tiga kali sebelum tidur, maka hal itu sama nilainya dengan mengkhatamkan Al-Qur'an.

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, surat al-Ikhlas itu senilai sepertiga Al-Qur'an.” (HR. Bukhari dan Ahmad).

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)