Pesan Indah Habib Quraisy Baharun Soal Rezeki Manusia

loading...
Pesan Indah Habib Quraisy Baharun Soal Rezeki Manusia
Al-Habib Quraisy Baharun (kanan) ketika menerima kunjungan Aa Gym beberapa waktu lalu. Foto/Ist
Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun menyampaikan nasihat indah soal rezeki. Tausiyah ini disampaikannya dalam satu kajian yang dilansir dari media sosialnya.

"Jika satu pintu rezeki hamba Allah tertutup akan Allah buka pintu yang lain yang lebih baik. Tak perlu galau dan risau, Allah telah menjamin rezeki setiap hamba-Nya," kata ulama yang pernah menimba ilmu di Hadhramaut Yaman ini.

Menurut Habib Quraisy, Allah menjamin rezeki setiap hamba-Nya baik yang ingkar maupun yang taat, namun hamba-hamba yang taat kepada-Nya lebih dijamin lagi rezekinya.

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

"Dan tiada satu pun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS Hud: 6)

Dijelaskan tentang Faedah dari ayat di atas:

1. Setiap makhluk sudah ditentukan rezekinya, dan mereka harus mendapatkannya:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya". Bahkan apa yang ia makan dari sesuatu yang haram pun masuk dalam kategori rezeki ini! Sebagaimana orang-orang kafir mendapatkan rezeki mereka dan terkadang apa yang mereka dapat karena perantara yang haram namun mereka diberikan rezeki yang baik. Adapun orang-orang bertaqwa, Allah beri mereka rezeki dari arah yang mereka tidak sangka, namun jatah yang mereka terima bukan dari arah yang haram dan tidak pula dari sumber yang kotor.

2. Jika ada rasa takut yang terlintas dalam benakmu akan kemiskinan, ketahuilah bahwasanya itu hanya bisikan yang tidak berharga. Bantahlah rasa takut itu dengan rezeki yang telah diabadikan oleh Al-Qur'an:"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya". Jika setan menakut-nakutimu dengan kematian dan pembunuhan, lawanlah ia dengan ketentuan ajal yang dituliskan oleh Al-Qur'an:
halaman ke-1
cover top ayah
وَمِنَ الَّيۡلِ فَاسۡجُدۡ لَهٗ وَسَبِّحۡهُ لَيۡلًا طَوِيۡلًا
Dan pada sebagian dari malam, maka bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.

(QS. Al-Insan:26)
cover bottom ayah
preload video