Doa Minta Kesembuhan Menurut Al-Qur'an dan Hadis

loading...
Doa Minta Kesembuhan Menurut Al-Quran dan Hadis
Ilustrasi berdoa. Foto Habib Umar Bin Hafizh/ist
Doa minta kesembuhan dari penyakit telah diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam sejak 14 abad lebih lalu. Beliau juga mengajarkan ayat-ayat Al-Qur'an sebagai penawar dari segala keburukan termasuk obat penyakit.

Allah Ta'ala juga menyatakan bahwa Al-Qur'an adalah salah satu obat bagi orang-orang beriman. Berikut firman-Nya:
"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian". (QS Al-Isra Ayat 82)

Berikut Doa Minta Kesembuhan yang dinukil dari Al-Qur'an dan Hadis Nabi:

1. Doa Nabi Ayyub
Berikut doa Nabi Ayyub 'alaihissalam yang diabadikan dalam Al-Qur'an Surah Al-Anbiya Ayat 83. Beliau sembuh dari penyakit yang dideritanya selama belasan tahun berkat doa ini dan izin Allah. Doa ini redaksinya pendek dan mudah dihafal.

اللَّهُمَّ اَنِّىۡ مَسَّنِىَ الضُّرُّ وَاَنۡتَ اَرۡحَمُ الرّٰحِمِيۡنَ

Allahumma Annii Massaniyadh-dhurru wa Anta Arhamur Roohimiin.

"Ya Allah Tuhanku, sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua penyayang."

2. Membaca Surah Al-Fatihah
Keutamaan Surah Al-Fatihah sebagai surah pembuka Al-Qur'an dapat menyembuhkan segala penyakit. Al-Fatihah juga disebut sebagai As-Syifa (penawar) dari segala racun. (HR At-Tirmidzi). Dikisahkan dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Sa'id Al Khudri RA, sekelompok sahabat ketika safar, mengobati seorang pembesar kampung yang tersengat binatang, lalu meruqyahnya dengan membaca Surah Al-Fatihah. Dengan izin Allah, pembesar kampung itupun sembuh.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ


Artinya:
1. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
2. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,
3. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,
4. Pemilik hari pembalasan.
5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.
6. Tunjukilah kami jalan yang lurus,
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

3. Membaca Doa Ini 7 Kali
Diriwayatkan kepada kami dalam Sahih Muslim dari Utsman bin Abil 'Ash bahwa ia mengadu kepada Rasulullah perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah صلى الله عليه وسلم lalu berkata kepadanya: "Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah 3 kali, 'BISMILLAH', Lalu bacalah 7 kali:

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'UDZU BILLAHI WA QUDROTIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU

"Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai". (HR Muslim)

4. Doa yang Diajarkan Nabi
Doa lain yang diajarkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma Robban Naasi, adzhibil ba'sa. Isyfi Antas Syaafii. La syafiya illa Anta Syifa-an La Yughodiru Saqmaa.

"Ya Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Engkau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit." (Muttafaqun 'Alaihi)

Sebenarnya masih banyak doa dan amalan memohon kesembuhan dari sakit. Di antaranya anjuran ulama untuk memperbanyak membaca Sholawat Thibbil Qulub. Berikut lafaznya:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:
Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.

Wallahu A'lam

Baca Juga: 5 Bacaan Doa untuk Orang Sakit
(rhs)
preload video