Khasiat Daun Bidara, Sering Dipakai Ruqyah Oleh Salafus Saleh

Kamis, 15 Juli 2021 - 16:00 WIB
loading...
Khasiat Daun Bidara, Sering Dipakai Ruqyah Oleh Salafus Saleh
Pohon Bidara selain disebutkan di dalam Al-Quran juga terdapat anjuran penggunaannya di dalam Hadis. Foto/Ist
A A A
Daun Bidara (As-Sidr) adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah kering. Pohon ini disebut juga di dalam Al-Qur'an dalam beberapa ayat.

Daun Bidara ini tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga digunakan untuk pengobatan Ruqyah oleh Salafus Saleh. Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia, Ustaz Farid Nu'man Hasan menyebutkan keistimewaan daun bidara ini dengan menukil beberapa ayat Al-Qur'an.

فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ

"Tetapi mereka berpaling, maka Kami kirim kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Asl dan sedikit pohon Sidr (bidara)." (QS. Saba' Ayat 16)

Ayat lain:

فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ

"(Mereka) berada di antara pohon bidara tidak berduri" (QS. Al-Waqi'ah: Ayat 28)

Mandi dan Ruqyah dengan Daun Bidara
Khasiat Daun Bidara, Sering Dipakai Ruqyah Oleh Salafus Saleh

Khasiat lain dari Daun Bidara adalah bisa digunakan untuk mandi dan ruqyah.

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ
دَخَلَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ نَغْسِلُ ابْنَ فَقَالَ اغْسِلْنَهَا ثَلَاثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ وَاجْعَلْنَ فِي الْآخِرَةِ كَافُورًا فَإِذَا فَرَغْتُنَّ فَآذِنَّنِي ....

"Dari Ummu 'Athiyyah radhiallahu 'anha berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menemui kami ketika kami akan memandikan puteri. Beliau lalu bersabda: "Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kafur barus (wewangian). Dan bila kalian telah selesai beritahu aku...."
(HR Al-Bukhari No 1254)

Adapun ruqyah dengan Daun Bidara memang tidak ada dalam Sunnah, tetapi ada dalam jejak perilaku salafush saleh. Imam Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan:

وذكر ابن بطال أن في كتب وهب بن منبه أن يأخذ سبع ورقات من سدر أخضر ، فيدقه بين حجرين ، ثم يضربه بالماء ، ويقرأ آية الكرسي والقواقل ، ثم يحسو منه ثلاث حسيات ، ثم يغتسل به ، فإنه يذهب عنه كل ما به ، وهو جيد للرجل إذا حبس عن أهله )

"Ibnu Baththal menyebutkan bahwa di dalam kitab-kitab Wahb bin Munabbih, bahwa hendaknya diambil 7 helai Daun Bidara berwarna hijau, ditumbuk dengan batu, lalu masukkan ke air dan diaduk, dan bacakan Ayat Kursi dan 3 Surah Qul (Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas), lalu oles tiga kali, dan mandikan dengannya niscaya menghilangkan semua apa yang dideritanya." (Fathul Bari, 10/233)

Para ulama masa kini seperti Syekh Abdul Aziz bin Baaz, Syekh Utsaimin, Syekh Abdullah Al Jibrin, dan lainnya juga membolehkannya. Namun dengan keyakinan bahwa daun tersebut bukanlah yang memberikan manfaat, tetapi Allah Ta'ala yang memberikan manfaat. Digunakan daun Bidara karena itu juga salah satu dedaunan Surga.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Daun yang Dianjurkan Rasulullah untuk Dikonsumsi agar Sehat
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)