Kumpulan Kalam Habib Umar yang Sangat Inspiratif dan Menyentuh Hati

loading...
Kumpulan Kalam Habib Umar yang Sangat Inspiratif dan Menyentuh Hati
Ulama kharismatik asal Hadhramaut Yaman Al-Habib Umar Bin Hafizh saat menghadiri pertemuan ulama dan Habaib. Foto/Ist
Habib Umar Bin Hafizh adalah seorang ulama Dzurriyah Nabi yang juga Pengasuh Darul Musthafa (Dar-al Musthafa), sebuah pesantren di Kota Tarim, Hadhramaut Yaman. Nama beliau cukup populer di kalangan muslim Indonesia.

Beliau dijuluki gurunya para Dai di Indonesia khususnya mereka yang menganut Mazhab Syafi'i. Dari Darul Musthafa Tarim, beliau menghidupkan ajaran salafusshalih dan menyebarluaskannya ke penjuru dunia.

Baca Juga: Nasihat Habib Umar, Ini Terapi Hati Agar Benci Kemaksiatan

Habib Umar telah menghafal Al-Qur'an pada usia yang sangat muda dan menghafal berbagai teks fikih, hadits, Bahasa Arab dan berbagai disiplin ilmu keislaman lainnya. Selain aktif berdakwah, Habib Umar dikenal sebagai penulis hebat.

Salah satu karyanya adalah "Kitab Maulid Dhiya'ullami" yang cukup masyhur di kalangan pecinta Nabi dan sholawat. Bukan hanya Maulid Dhiya'ullami', tapi lebih dari seribu alinea syair telah diterbitkan dari lisan beliau.

Berikut 11 Kalam indah Habib Umar Bin Hafizh yang sangat menginspirasi dan dapat kita jadikan motivasi untuk berbuat baik.

1. Jika engkau belum dapat menerima gunjingan, hinaan serta celaan dari orang lain, maka Allah belum mencatatmu sebagai orang yang tawadhu.

2. Barang siapa yang menyakiti hati seseorang, walaupun ia bersungguh-sungguh dalam beribadah, maka kesungguhannya hanya dinikmati orang lain.

3. Ramai wanita meniru wanita-wanita di televisi sehingga mereka tidak kenal lagi siapa Sayyidatina Fathimah Binti Rasulullah SAW."

4. Jangan membuat satu keputusan dengan terburu-buru. Di antara pintu masuknya setan ke dalam hati seseorang adalah perasaan terburu-buru untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

5. Bila aku berfikir betapa sengsaranya hidupku, aku teringat pada Rasulullah SAW yang menempuh segala kepayahan hidup dengan iman dan Islam bagi umatnya.

6. Jangan pernah berhenti berbuat kebaikan yang besar atau kecil. Kalian tidak akan pernah menduga amalan mana yang mampu menyelamatkan di Hari Akhir, sesungguhnya Allah Maha Pemurah dan Maha Penyayang.

7. Berteman dekat dengan orang-orang Ahlul Khair (Ahli Kebaikan) dapat menambah semangat untuk berbuat baik, ibadah dan dapat mengokohkan kekuatan dalam keyakinan (Iman).

8. Menjaga perasaan seorang muslim adalah ibadah. Menyakiti hati seorang muslim dosanya lebih besar dari menghancurkan Ka'bah. Barangsiapa yang membuat senang hati seorang Muslim, maka Allah akan membuatnya senang kelak di Hari Akhir.

9. Perumpamaan orang yang mengikuti hawa nafsunya ibarat bayi di masa kecil, tidak memikirkan sesuatu selain bermain.

10. Bayangkan suatu saat kelak seluruh manusia meninggalkanmu, datanglah Sang Nabi memberikan syafa'at kepadamu. Maka perbanyaklah Sholawat untuk Baginda Nabi Muhammad SAW, karena yang akan menolongmu adalah Syafa'at dari Rasulullah.

11. Jika sebelum ini bunganmu dengan Al-Qur'an lemah, maka pada bulan Ramadhan adalah masanya untuk memperkuat hubungan kamu dengan ayat-ayat-Nya dan mendapatkan kembali apa yang telah hilang.

Baca Juga: 20 Kalam Indah Habib Umar Bin Hafidz
(rhs)
cover top ayah
وَهُوَ الَّذِىۡ جَعَلَـكُمۡ خَلٰٓٮِٕفَ الۡاَرۡضِ وَرَفَعَ بَعۡضَكُمۡ فَوۡقَ بَعۡضٍ دَرَجٰتٍ لِّيَبۡلُوَكُمۡ فِىۡ مَاۤ اٰتٰٮكُمۡ‌ؕ اِنَّ رَبَّكَ سَرِيۡعُ الۡعِقَابِ  ۖ وَاِنَّهٗ لَـغَفُوۡرٌ رَّحِيۡمٌ
Dialah yang menjadikan kamu sebagai penguasa-penguasa di bumi dan Allah mengangkat derajat sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas karunia yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Allah sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-An’am:165)
cover bottom ayah
preload video