Doa Syukuran 4 Bulanan Lengkap Arab Latin dan Artinya

Rabu, 25 Agustus 2021 - 13:31 WIB
loading...
Doa Syukuran 4 Bulanan Lengkap Arab Latin dan Artinya
Mendoakan jabang bayi agar menjadi anak yang saleh dan salehah adalah hal yang baik dan tidak melanggar syariat Islam. Foto/dok media alkhairat
A A A
Doa syukuran 4 bulanan ini dapat diamalkan oleh ibu yang sedang mengandung janin empat bulan. Tasyakuran 4 bulanan ini hukumnya tidak wajib, namun sangat baik diamalkan sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah.

Untuk diketahui, kehamilan memasuki 4 bulan adalah sesuatu yang istimewa karena Allah mengutus Malaikat meniupkan ruh kepada janin. Berikut hadis yang menerangkan perkembangan janin dalam kandungan.

"Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya..." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Ketika momentum empat bulanan ini, para orangtua dianjurkan membaca Al-Qur'an dan sholawat yang diniatkan untuk kebaikan calon bayi dan ibu yang mengandungnya.

Berikut Doa Syukuran 4 Bulanan:

اَللهُمَّ احْفَظْ وَلَدِىْ مَادَامَ فِى بَطْنِىْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا.
اَللهُمَّ صَوِّرْهُ حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ اِيْمَانًابِكَ وَبِرَسُوْلِكَ.
اَللهُمَّ اَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِىْ وَقْتَ وِلاَدَتِىْ سَهْلاً وَّتَسْلِيْمًا.
اَللهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقًا عَلِمًا عَامِلاً.
اَللهُمَّ طًوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَافْصَحْ لِسَانَهُ
وَاَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ
وَالْقُرْآنِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.


Allahummahfazh waladii maadaama fii bathnika wasyfihi anta syaafil laa syifaa illa syofaauka syifaa allaa yughaadiru saqama. Allahumma showwirhu hasanata watabbit qalbahu iimaanambika wabi Rasuulika. Allahumma akhrijhu mimbathnii waqta wilaadatii sahlaw watasliimaa. Allahummaj’alhu shohiihan kaamilaw wa’aaqilan hadziqon ‘aliman ‘aamilaa. Allahumma thowwil ‘umrohu washohhih jasadahu Wahasan khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil hadiitsi, Walquraani bibarakati Muhammadin shollallahu 'alaihi wa sallam. Walhamdulillahi Robbil ‘aalamiin.

Artinya:
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Ya Allah, Peliharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Dan sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa menyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun. Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, Panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaknya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam".

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2878 seconds (0.1#10.140)