Kiamat Sudah Dekat: Ya'juj dan Ma'juj Saban Hari Melubangi Dinding Pembatas

Jum'at, 10 September 2021 - 19:53 WIB
loading...
Kiamat Sudah Dekat: Yajuj dan Majuj Saban Hari Melubangi Dinding Pembatas
Rasulullah SAW bersabda: Yajuj dan Majuj turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. (Ilustrasi/Ist)
A A A
Kisah Dzulqarnain dan berita mengenai pembangunan dinding dari besi dan tembaga di antara dua gunung sehingga menjadi satu dinding penghalang telah disampaikan Allah dalam QS Al-Anbiya': 96-97 . Sementara Rasulullah SAW mengabarkan bahwa saban hari Ya'juj dan Ma'juj melubangi dinding penghalang antara mereka dengan manusia itu.



Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul " Dahsyatnya Hari Kiamat " memaparkan sejumlah hadis yang menerangkan tentang upaya Ya'juj dan Ma'juj merubuhkan dinding itu .

Di dalam Ash-Shahihain disebutkan dari hadis Zainab binti Jahsy bahwa Rasulullah SAW tidur di sisinya lalu beliau terjaga dalam keadaan wajah memerah seraya bersabda, “Tidak ada Tuhan selain Allah. Celakalah orang Arab dari kejahatan yang sudah dekat. Sekarang dinding penghalang Ya'juj dan Ma 'juj sudah dibuka seperti ini," lalu beliau melingkarkan antara jari-jemarinya.

Dalam satu riwayat, “Beliau membentuk lingkaran tujuh puluh atau sembilan puluh.”

Zainab berkata, “Aku berkata: Wahai Rasulullah, apakah kami akan binasa, padahal di tengah-tengah kami ada orang-orang saleh'?”

Beliau bersabda, “Ya, jika keburukan merajalela.”

Hadis lainnya mengabarkan: "Sesungguhnya, Ya'juj dan Ma'juj setiap hari melubangi dinding penghalang sehingga ketika mereka hampir melihat cahaya matahari, orang yang di atas mereka berkata: "Kembalilah, kalian akan meneruskan pembuatan lubang besok."

Mereka pun kembali pada dinding itu dalam keadaan yang lebih kukuh dari sebelumnya hingga ketika masa mereka sudah tiba dan Allah hendak mengirimkan mereka kepada manusia, mereka pun melakukan pembobolan.

Saat mereka hampir melihat sinar matahari, orang yang di atas mereka berkata: "Pulanglah, kalian akan melubanginya besok insyaa Allah.'

Orang itu mengucapkan insyaa Allah. Selanjutnya, mereka kembali ke tempat itu dalam keadaan dinding penghalang seperti ketika mereka meninggalkannya.

Selanjutnya, mereka berhasil melubanginya dan keluar menemui manusia lalu menghirup air sementara orang-orang berlindung di balik benteng-benteng mereka.

Ya'juj dan Ma'juj melemparkan anak panahnya ke langit lalu anak panah itu kembali dalam keadaan di atasnya ada bentuk seperti darah.

Mereka pun berkata: “Kita telah berhasil mengalahkan penduduk bumi dan kita dapat menguasai penduduk langit."

Beberapa saat kemudian Allah SWT mengirimkan ulat di tengkuk mereka dan membinasakannya'.” (HR Ahmad)



Lebih jauh lagi, Rasulullah SAW bersabda, “Demi Dzat yang jiwa Muhammad di tangan Nya, sesungguhnya para binatang melata di bumi menjadi gemuk dan mengucapkan terima kasih banyak atas daging dan darah Ya'juj dan Ma'juj."

Selanjutnya, Imam Ahmad, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah meriwayatkan hadis tersebut dari selain segi ini dari Qatadah.

Abu Said al-Khudri berkata mendengar Rasulullah SAW bersabda: 'Ya'juj dan Ma'juj turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Selanjutnya, mereka menyelimuti manusia dan orang orang berpaling dari mereka menuju kota-kota dan benteng-bentengnya, termasuk binatang ternak bergabung dengan mereka.

Ya'juj dan Ma'juj minum air bumi sehingga sebagian mereka ada yang melintasi sungai lalu meminum airnya dan meninggalkannya dalam keadaan kering kerontang sehingga orang setelahnya yang melintasi sungai itu berkata: "Dahulu di sini ada air."

Ketika tidak ada seorang pun yang tersisa, kecuali di dalam kota dan benteng, Ya'juj dan Ma'juj berkata: “Kami sudah menghabiskan penduduk bumi, yang tersisa adalah penduduk langit''

Rasulullah SAW meneruskan: “Selanjutnya, seorang dari mereka mengacungkan tombaknya dan melemparkannya ke langit lalu kembali lagi dalam keadaan berlumuran darah sebagai ujian dan fitnah. Saat mereka dalam kondisi demikian, Allah SWT mengirimkan penyakit di leher mereka seperti ulat belalang yang keluar dari leher mereka. Akhirnya, mereka pun mati tanpa terdengar suaranya.

Lantas orang orang muslim berkata: Adakah orang yang mau menjual dirinya di jalan Allah untuk melihat apa yang dilakukan oleh musuh?"

Rasulullah SAW meneruskan: “Tidak lama kemudian seseorang muncul dengan berharap mendapatkan pahala dan berkeyakinan bahwa dirinya pasti terbunuh. Orang itu pun turun dan menemukan Ya'juj dan Ma'juj sudah tewas bergelimpangan.

Ia berkata: "Wahai orang-orang muslim, aku sampaikan kabar baik bahwa Allah SWT telah membinasakan musuh kalian.'

Serta merta mereka pun keluar dari kota dan benteng-benteng mereka seraya melepaskan binatang ternak mereka. Ternyata, tidak ada makanan bagi ternak-ternak itu, kecuali daging-daging Ya'juj dan Ma'juj. Mereka pun berterima kasih kepada kaum Muslimin dengan sangat karena telah mendapatkan pakan yang sangat baik." (HR Ahmad)

Demikian juga Ibnu Majah meriwayatkan hadis ini dari hadis Yunus bin Bukair dari Muhammad bin Ishaq dengan redaksi serupa. Isnad hadis ini jayyid.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)