Perhiasan-perhiasan Bagi Para Penghuni Surga

Minggu, 03 Oktober 2021 - 05:10 WIB
loading...
Perhiasan-perhiasan Bagi Para Penghuni Surga
Salah satunya keindahan dan kenikmatan surga, salah satunya adalah perhiasan-perhiasan yang akan diberikan kepada para penghuninya yakni hamba-hamba yang bertakwa. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Keindahan surga banyak digambarkan dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah. Begitu juga dengan kenikmatan-kenikmatan yang akan diperoleh oleh para penghuninya yakni hamba-hamba yang bertakwa. Salah satunya keindahan dan kenikmatan tersebut adalah perhiasan-perhiasan yang akan mereka dapatkan.



Dikutip dari Kitab Tanbihul Ghafilin karya Abu Laits As Samarqandi, dijelaskan bahwa diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu, ia berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya penghuni surga itu muda semuanya, bersih, halus, tidak ada rambut kecuali pada kepala, dua alis, dua idep (di kelopak mata), artinya mereka tidak mempunyai rambut kemaluan dan bulu ketiak. (Mereka semua) setinggi Nabi Adam yakni 60 hasta dan seusia Nabi Isa bin Maryam yakni 33 tahun, (mereka) berkulit putih dan berpakaian hijau. Ada seseorang yang selalu menghidangkan makanan di hadapan salah seorang di antara mereka, lantas datanglah burung dan berkata:

“Wahai kekasih Allah, saya telah minum dari sumber salsabil, bercanda ria di taman surga di bawah ‘arasy, serta makan buah-buahan ini dan itu.” Rasa sebelah badan burung itu adalah daging yang dimasak, dan sebelah badan yang lain terasa dipanggang. Penghuni surga itu makan daging burung itu sepuas-puasnya.”

Masing-masing penghuni surga akan memiliki 70 perhiasan yang aneka ragam warnanya. Di antaranya perhiasan yang ada pada jari-jari mereka, yang didalamnya terdapat 10 cincin dengan ditulisi sebagai berikut:

1. Cincin ke 1 tertulis : “Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu.” (QS. Ar-Rad :24).
2. Cincin ke-2 tertulis: “Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera dan aman.” (QS. Al-Hijr :46)
3. Cincin yang ke-3 tertulis: “Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu karena perbuatan yang telah kamu kerjakan.” (Qs. Az-Zukhruf :72)
4. Cincin yang ke-4 tertulis: “Dihilangkan dari kamu segala kesedihan dan duka cita.”
5. Cincin yang ke-5 tertulis: “Kami pakaikan intan dan berbagai macam perhiasan kepadamu”
6. Cincin yang ke-6 tertulis: “Kami kawinkan kamu dengan bidadari yang cantik jelita.”
7. Cincin yang ke-7 tertulis: “Dan bagimu di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap dipandang mata dan kamu kekal di dalamnya.”
8. Cincin yang ke-8 tertulis: “Kamu berteman dengan para nabi dan orang-orang yang benar.”
9. Cincin yang ke-9 tertulis: “Kamu akan muda terus, tidak akan tua.”
10. Cincin yang ke-10 tertulis: “Kamu bertempat tinggal di tengah-tengah tetangga yang mana tidak ada tetangga yang akan menganggu kamu.”



Amalan untuk Mendapatkan Perhiasan Surga

Untuk mendapatkan perhiasan surga ini, setiap hamba harus melakukan segala perintah dari Sang Maha Pencipta. Sebagaimana dikatakan oleh Al-Faqih bahwa barang siapa yang ingin mendapatkan kemuliaan seperti tersebut di atas, maka ia harus senantiasa mengerjakan lima hal, yaitu:

1. Mencegah dirinya dari semua jenis kemaksiatan.

Allah Ta’ala berfirman, “Dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya, maka sungguh surgalah tempat tinggal (nya).” (Qs. An-Naziat : 40-41)

2. Rela dengan keadaannya yang sangat sederhana. Diriwayatkan dalam sebuah hadis,

“Harga surga itu adalah meninggalkan dunia.”

3. Sangat senang untuk mengerjalan ketaatan kepada Allah, dimana segala aktifitasnya dikaitkan dengan ketaatan itu dengan harapan bahwa ketaatannya akan menjadi sebab ampunan dan mendapat surga. Sebagaimana Allah berfirman,

وَتِلْكَ ٱلْجَنَّةُ ٱلَّتِىٓ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu karena perbuatan yang telah kamu kerjakan.” (QS. Az-Zukhruf :72)

Dalam ayat lain disebutkan,

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَّآ أُخْفِىَ لَهُم مِّن قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَآءًۢ بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

“Sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. As-Sajadah :17)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)