5 Cara Menjaga Pandangan Mata Bagi Kaum Muslimah

Kamis, 07 Oktober 2021 - 06:14 WIB
loading...
5 Cara Menjaga Pandangan Mata Bagi Kaum Muslimah
Di era saat ini, menjaga pandangan mata menjadi seuatu yang sangat berat dilakukan tak hanya oleh kaum lelaki, juga oleh kaum wanita. Foto ilustrasi/ist
A A A
Di era saat ini, menjaga pandangan mata menjadi seuatu yang sangat berat dilakukan tak hanya oleh kaum lelaki, juga oleh kaum wanita. Mengapa demikian? Ini tidak lain dikarenakan tidak terlihatnya suasana Islam dalam aspek pergaulan kita.

Dalam Islam, bagi wanita yang keluar rumah maka diharuskan menutup aurat dengan sempurna. Namun saat ini, apa yang kita saksikan tidaklah demikian.



Apa yang bisa dilakukan muslimah untuk menjaga pandangan mata ini? Dirangkum dari beberapa sumber, berikut cara menjaga pandangan mata :

1. Selalu mengingat Allah

Menanamkan di dalam diri bahwa Allah senantiasa melihat perbuatan kita adalah cara untuk menangkal pandangan mata dari sesuatu yang dilarang oleh Allah Ta'ala. Bukan hanya disaksikan oleh Allah, namun perbuatan kita juga dicatat dengan rapi oleh malaikat Allah Ta'ala. Keyakinan seperti ini harus terus ditumbuhkembangkan di dalam diri agar kita terbiasa ingat dan takut dengan perbuatan dosa yang kita lakukan.

2. Menjauhi tempat yang di dalamnya terdapat fitnah

Sebagai contoh: Cara untuk menghindarkan diri dari bahaya terkaman macan adalah dengan cara menjauhi kediaman sang macan. Begitu juga dengan perkara menjaga pandangan. Agar terbebas dan terhindar dari pandangan mata yang dilarang maka kita harus menghindari tempat-tempat yang di dalamnya banyak mengumbar aurat.

3. Berdoa kepada Allah untuk bisa menghindarinya

Berdoa kepada Allah Ta'ala adalah bukti kedekatan seorang hamba kepada Allah. Semakin sering hamba mengingat AllahTa'ala baik dengan dzikir ataupun dengan doa, maka hamba tersebut akan semakin dekat dengan Allah. Kedekatan hamba dengan Allah akan membuat ini semakin mudah menghindari sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT. Di dalam Islam, terdapat anjuran untuk berdoa dengan doa yang memohon agar AllahTa'ala menampakkan yang bathil itu tetaplah bathil kemudian dilanjutkan dengan permohonan untuk diberi kekuatan untuk menghindari perbuatan tersebut.



4. Membiasakan berpuasa

Puasa merupakan upaya taat kepada Allah Ta'ala. Salah satu cara menjaga pandangan mata kepada lawan jenis adalah dengan membiasakan diri untuk melaksanakan puasa sunnah; baik itu puasa senin-kamis, puasa tengah bulan, puasa Daud, dan puasa sunnah lainnya. Efek puasa sunnah ini akan memberikan kemampuan kepada hamba untuk menjaga pandangan mata.

5. Menikah

Menikah merupakan sarana atau cara lain untuk menjaga pandangan mata. Dalilnya :
”Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Karena menikah itu lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan,” (HR. Bukhari no. 5065 dan Muslim no. 1400).

Begitu pentingnya kita menjaga pandangan mata karena suatu saat kelak, Allah akan memintai semua apa yang kita lihat dan lakukan di dunia ini. Seperti dalam firman-Nya:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ ۚ إِنَّ ٱلسَّمْعَ وَٱلْبَصَرَ وَٱلْفُؤَادَ كُلُّ أُو۟لَٰٓئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔولًا

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS Al-Isra : 36)



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)