Abu Dzar Al-Ghifari (3): Batal Memenggal Leher Koruptor Karena Ingat Pesan Nabi SAW

Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:33 WIB
loading...
A A A
“Beritakanlah kepada para penumpuk harta, yang menumpuk emas dan perak, mereka akan disetrika dengan setrika api neraka, menyetrika kening dan pinggang mereka di hari kiamat.”

Kalimat tersebut menjadi semacam syair atau lagu perjuangan bagi para pendukung Abu Dzar. Setiap dia mendaki bukit, menuruni lembah memasuki kota, dan setiap dia berhadapan dengan para penguasa dan pembesar, kalimat itu yang selalu diucapkannya. Begitu pun dengan setiap orang yang melihatnya datang, mereka akan menyambutnya dengan kalimat tersebut, “Beritakanlah kepada para penumpuk harta….”



Dekat Majelis Suci Nabi
Abu Dzar adalah sosok yang sangat deterministik dan teguh dalam hal pendirian, sehingga dia tidak pernah gentar dengan kekuasaan besar mana pun jika itu dia anggap menghalangi prinsip hidupnya. Nasihat ataupun dorongan dari orang sekitarnya untuk menghindari bahaya tidak pernah membuat pendiriannya goyah. Dalam suatu kesempatan dia pernah dengan bangga berkata:

“Wahai manusia! Pada hari kiamat aku akan tetap berada di dekat majelis suci Nabi, karena aku telah mendengar dia mengatakan bahwa yang terdekat dengannya pada hari kiamat adalah orang yang meninggalkan dunia dalam kondisi sama ketika dia (Nabi) meninggalkannya. Aku bersumpah demi Allah bahwa sekarang tidak ada yang tertinggal di antara kalian kecuali aku yang berada dalam keadaan asalku dan belum terkontaminasi dengan sesuatu yang baru.”

Perkataan Abu Dzar tersebut bukanlah klaim sepihak. Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata seperti itu, dalam Tabaqat Ibn Sa’d dikisahkan suatu hari Nabi berkata, “siapa di antara engkau yang akan datang untuk menemuiku (di Kautsar) dalam kondisi yang sama di mana aku meninggalkannya?”

Abu Dzar berkata, “Aku”. Sebagai balasannya Nabi berkata, “Engkau benar, yaitu engkau akan mati dalam keadaan iman yang sama pada saat aku meninggalkan engkau.”

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)