2 Cara Mengamalkan Sedekah Subuh Agar Hajat Segera Terkabul

loading...
2 Cara Mengamalkan Sedekah Subuh Agar Hajat Segera Terkabul
Sedekah subuh bisa menjadi cara dahsyat mengawali hari, agar doa kita untuk hari itu dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
Semua waktu saat bersedekah adalah baik, namun ada satu waktu yang istimewa yang membuat sedekah memiliki fadhilah paling dahsyat, yakni sedekah di waktu subuh. Dalam sebuah hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Baca juga: Jangan Takut Miskin karena Bersedekah, Ini Balasannya

Hadis di atas adalah salah satu alasan kuat betapa sedekah di waktu subuh adalah amalan yang mulia . Selain doa dari malaikat, ada beberapa keutamaan lain yang insya Allah akan kita dapatkan ketika ikhlas merutinkan sedekah, salah satunya sedekah saat subuh.

Keutamaan sedekah sendiri sangat luar biasa, karena setiap sedekah yang kita lakukan akan dibalas dengan kebaikan yang berlipat. Disebutkan dalam Al Qur'an, Allah Ta'ala berfirman :
مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS al Baqarah : 261)

Inilah janji Allah, bahwa ketika kita bersedekah maka sejatinya harta kita tidak akan berkurang, melainkan Allah akan membalasnya dengan kebaikan yang berlipat. Maka, sedekah saat subuh menjadi cara hebat untuk mengawali hari. Insyaa Allah bisa mengundang kebaikan di sepanjang hari.

Sedekah juga akan membuat doa kita lebih mudah dikabulkan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam dalam sebuah hadis menyampaikan bahwa membantu sesama bisa mempercepat terkabulnya do’a: “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Ada pesan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam, salah satu tips agar doa kita lebih didengar dan dikabulkan oleh Allah. Maka sedekah subuh bisa menjadi cara dahsyat mengawali hari, agar doa kita untuk hari itu dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Almarhum ustadz Syekh Ali Jaber pernah menyampaikan bahwa beliau menemukan suatu waktu sedekah yang baik
“Semua waktu sebenarnya baik, tapi saya menemukan sedekah subuh itu yang paling baik, paling dahsyat, yang paling cepat terkabul hajat kita. Kenapa sedekah subuh dahsyat? Karena setiap waktu subuh Allah turunkan malaikat tugasnya cuma satu, mendoakan orang yang berinfak di subuh hari,”ungkapnya dalam salah satu tayangan ceramahnya.

Baca juga: 4 Balasan dan 15 Macam Siksa Bagi yang Suka Menggampangkan Sholat

Almarhum Syekh Ali Jaber menjelaskan bagaimana cara untuk mengamalkan sedekah subuh tanpa kesulitan. Yaitu sebagai berikut:

1. Setelah shalat subuh masukan sedekah dalam kotak amal

Melakukan sedekah subuh tidak perlu mencari anak yatim atau orang miskin saat subuh, namun cukup buat kotak amal dari kaleng atau botol. Kemudian, setelah shalat subuh atau sebelum melakukan aktivitas, isi sedekah dengan disertai memanjatkan hajat. Jika ibu-ibu sedang berhalangan tidak sholat, bisa dilakukan isi sedekah sebelum aktivitas

2. Lebih baik satu kali sedekah difokuskan untuk satu hajat

Menurut Syekh Ali Jaber, banyak jamaahnya yang sudah menjalankan sedekah subuh ini dan alhamdulilah terbukti. Sedekah bisa dilakukan untuk orang tua, dibukakan pintu rizki, sedekah agar diberi keturunan, mencari jodoh, masalah utang, ingin hafal Al-Qur’an, dan sebagainya.

“Tapi kalau boleh saya usulkan satu kali sedekah fokus satu hajat, jangan sedekahnya koin tapi permintaannya banyak sekali disampaikan sampai terbit matahari, eh malu sama Allah,” ucapnya.

“Sesuaikanlah, bukan Allah tidak bisa, Allah Maha bisa menolong kita, tapi kita malu masa yang kita minta begitu banyak, kita minta panjang lebar, tolong disesuaikan. Tidak apa-apa sedikit tapi rutin, akan merasakan sedekah subuh,” kata Syekh Ali Jaber.

Baca juga: Musibah Datang Tak terduga, Amalkan Doa-doa Ini agar Terhindar dari Mara bahaya

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ  لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. Al-Baqarah:255)
cover bottom ayah
preload video