Habib Quraisy: Ilmu Adalah Anugerah Terbesar Setelah Kenabian

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 08:51 WIB
loading...
Habib Quraisy: Ilmu...
Al-Habib Quraisy Baharun. Foto/Ist
A A A
Ulama yang juga Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun menerangkan keutamaan ilmu yang sangat agung. Dalam satu kajiannya disebutkan bahwa ilmu adalah anugerah terbesar Allah setelah kenabian.

Ka'bul Akhbar pernah berkata, seandainya pahala majelis ta'lim itu ditampakkan, maka orang-orang akan berperang berebut untuk datang ke majelis ta'lim. Orang-orang yang berkuasa akan meninggalkan kekuasaannya, orang-orang yang berdagang akan meninggalkan dagangannya.

Begitu besar dan mulianya ilmu, ulama, muallim dan majelis ta'lim itu. Maka dari itu, Habib Quraisy Baharun seringkali mewanti-wanti untuk menata niat mencari ilmu dengan lurus karena Allah agar pahalanya dan amalnya tidak terhapus.

"Orang alim yang fasiq dan para hafizh yang tidak mengamalkan Al-Qur'an, akan disiksa lebih dulu daripada para penyembah berhala," kata Habib Quraisy mengingatkan kita.

Habib Quraisy juga mendorong kepada para jamaah untuk bersemangat mencari ilmu, agar sukses dan selamat dunia akhirat, agar bisa mengenal Allah dan mencintai Rasulullah. Salah satu bencana terbesar adalah ketika Allah mencabut ilmu-Nya dengan mewafatkan para ulama.

"Raih dan kejarlah ilmu untuk akhiratmu, orang yang mencari ilmu untuk kedudukan duniawi, menjatuhkan orang alim, memusuhi faqih, mencari perhatian, maka tempat adalah di neraka," kata Ulama yang pernah menimba ilmu di negeri sejuta wali, Hadhramaut Yaman.

Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قِيۡلَ لَـكُمۡ تَفَسَّحُوۡا فِى الۡمَجٰلِسِ فَافۡسَحُوۡا يَفۡسَحِ اللّٰهُ لَـكُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قِيۡلَ انْشُزُوۡا فَانْشُزُوۡا يَرۡفَعِ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡكُمۡ ۙ وَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِيۡرٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadilah Ayat 11)

Baca Juga: 7 Keuntungan Menuntut Ilmu Meskipun Tak Mampu Menghafal
(rhs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)