Kisah Buran, Putri Bizantium yang Jadi Maha Ratu Persia

Selasa, 09 November 2021 - 05:15 WIB
loading...
Kisah Buran, Putri Bizantium yang Jadi Maha Ratu Persia
Buran, Ratunya Para Ratu Persia yang Menegakkan Keadilan dan Kebenaran/Foto/Ilustrasi: althistory.fandom
A A A
Buran binti Kisra II bin Hurmuz IV bin Kisra I sempat jadi perhatian, menyusul kesuksesan dirinya menjadi perempuan pertama yang menjadi Ratu Persia (Dinasti Sasaniyah). "Tidak sukses suatu kaum yang menyerahkan urusan mereka kepada perempuan,” sabda Rasulullah SAW.



Pada era Rasulullah SAW, Persia menjadi salah satu negeri yang menjadi perhatian dunia. Suksesi di negeri itu menjadi pusat perhatian. Maklum saja, kala itu, Persia adalah salah satu dari dua kekuataan besar di dunia. Satunya lagi adalah Romawi.

Persia dengan penduduk mayoritas Majusi, sedangkan Romawi berpenduduk Nasrani. Dua kekuatan ini di kemudian hari diambil-alih Arab yang Muslim, menggantikan Persia.

Dalam sebuah riwayat dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW sempat mengomentari suksesi di Persia. Humaid meriwayatkan, suatu waktu ketika raja di Persia digantikan, Rasulullah bertanya, “Siapa yang menggantikannya?”

Mereka menjawab, “Anak perempuannya (maksudnya adalah anak perempuan Abarwiz).”

Kemudian dalam riwayat yang berkaitan, Abu Bakrah berkata, ketika sampai berita kepada Rasulullah SAW bahwa orang Persia mengangkat putri Raja sebagai penggantinya, Rasulullah bersabda, “Tidak sukses suatu kaum (masyarakat) yang menyerahkan urusan mereka kepada perempuan.” (HR Bukhari)

Atau dalam versi lain, hadits itu berbunyi, “Sebuah bangsa tidak akan pernah makmur yang mempercayakan urusannya kepada seorang wanita.” (HR al-Masudi dan Ibnu Qutaibah)

Ada dua orang wanita anggota keluarga kerajaan yang diangkat menjadi Ratu Persia pada masa-masa itu, mereka yaitu Buran dan Azarmidukht. Keduanya adalah putri Abarwiz (Kisra II) atau saudara perempuan Shiruyah.

Buran memerintah pada tahun 630 M, sempat tumbang, lalu memerintah lagi tahun 631-632 M. Kekuasaan Buran sempat diambil-alih Azarmidukht pada 630-631.

Sejarawan Agha Ibrahim Akram dalam bukunya berjudul The Muslim Conquest of Persia menyebutkan yang dimaksud dalam hadits Nabi tersebut, adalah Buran putri Kisra, karena menurutnya, Buran hidup di masa yang sama ketika Nabi masih hidup.



Ratunya Para Ratu
Lalu siapa sejatinya Buran, sang Ratu Persia itu? Dia adalah
putri Persia pertama yang menjadi Ratunya para ratu yang dalam bahasa Persia banbishnan banbishn, sebagai padanan dari Shahshanah (rajanya para raja).

Al-Tabari dalam bukunya berjudul Tarikh al-Rusul wa al-Muluk menyebutkan Buran adalah putri Abarwiz (Kisra II) – putra Hurmuz IV – putra Anushirwan (Kisra I). Jadi jika dalam tradisi Arab penyebutan namanya menjadi Buran binti Kisra II bin Hurmuz IV bin Kisra I.

Agha Ibrahim Akram merinci Buran adalah saudara perempuan Shiruyah, raja sebelumnya yang telah membunuh ayahnya sendiri (Kisra II) dan hampir semua sanak keluarganya yang laki-laki.

Sedangkan menurut sejarawan Persia Hamzah al-Isfahani dalam Tarikh Sini Muluk al-Ard wal-Anbiya, Buran adalah putri Kisra II dari istrinya yang bernama Maryam, dia adalah putri Bizantium, putri dari Kaisar Heraklius.

Dengan statusnya sebagai keturunan raja dari dua dinasti besar pada masa itu, Sasaniyah dan Bizantium, dia menjadi ratu yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Dalam catatan sumber sejarah lainnya, Ignazio Guidi menyebut Buran, selain sebagai saudara perempuan, juga berperan sebagai seorang istri bagi Shiruyah.

Hal ini memungkinkan, sebab umum diketahui pada masa itu, bahwa Dinasti Sasaniyah kerap kali melaksanakan perkawinan sedarah (incestuous) di kalangan keluarga mereka sendiri. Namun, bukan berarti setiap perkawinan di antara keluarga kerajaan sedarah, hal ini bisa berubah tergantung kondisi, perkawinan karena aliansi politik pun tercatat di dalam sejarah mereka.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)