Inilah 3 Dosa Besar yang Ancaman dan Siksanya Sangat Keras

Sabtu, 27 November 2021 - 18:00 WIB
loading...
Inilah 3 Dosa Besar yang Ancaman dan Siksanya Sangat Keras
Ilustrasi neraka Jahannam, tempat orang-orang yang melakukan perbuatan dosa besar dan tidak sempat bertaubat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dari banyak jenis dosa dan kesalahan manusia, ada tiga dosa besar yang ancamannya sangat keras. Orang yang melakukan perbuatan dosa ini akan mendapat azab berlipat ganda.

Suatu hari, sahabat Abdullah bin Mas'ud bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. "Dosa apakah yang paling besar? Rasulullah menjawab: 'Engkau menjadikan tandingan bagi Allah padahal Dia yang menciptakan kamu. Aku bertanya pula, 'Dosa apakah lagi? Rasulullah menjawab: 'Dosa membunuh anakmu karena takut (miskin) karena dia akan makan bersamamu. Kemudian aku bertanya lagi, 'Dosa apakah lagi? Rasulullah menjawab: 'Dosa berzina dengan istri tetanggamu. Allah menurunkan ayat ini (QS Al-Furqan: 68) untuk membenarkan sabda Nabi Muhammad." (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut keterangan Allah dalam Al-Qur'an:

وَالَّذِيۡنَ لَا يَدۡعُوۡنَ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَ وَلَا يَقۡتُلُوۡنَ النَّفۡسَ الَّتِىۡ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالۡحَـقِّ وَلَا يَزۡنُوۡنَ‌ ۚ وَمَنۡ يَّفۡعَلۡ ذٰ لِكَ يَلۡقَ اَثَامًا

"Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina; dan barangsiapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat." (QS Al-Furqan Ayat 68)

1. Mempersekutukan Allah (Syirik)
Dalam tafsir Kemenag dijelaskan, Allah menerangkan sifat-sifat seorang hamba Allah ialah dia tidak menyembah selain Allah, dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun (syirik). Dia benar-benar menganut tauhid yang murni. Bila dia beribadah, maka ibadahnya itu hanya semata-mata karena Allah, dan bila dia berbuat kebajikan dan berdoa dipanjatkan ke hadirat Allah tidak melalui perantara. Dia yakin sepenuhnya bahwa yang sanggup mengabulkan doanya hanya Allah semata.

2. Melakukan Pembunuhan
Dosa besar kedua yang mendapat siksa keras adalah melakukan pembunuhan. Setiap pembunuhan tidak dibenarkan kecuali dengan hak yang telah ditetapkan oleh Allah seperti murtad atau membunuh orang tanpa hak.

3. Melakukan Zina
Dosa ketiga yang hukumannya sangat berat yaitu melakukan zina. Orang yang melakukan perbuatan zina sangat terkutuk dan dimurkai Allah. Dengan memelihara diri dari perbuatan zina akan bersihlah dirinya dari kekotoran dan bersih pula masyarakat dari keonaran dan kekacauan nasab yang menimbulkan berbagai kesulitan dan keburukan.

Adapun ancaman bagi yang melakukan ketiga perbuatan dosa besar itu yaitu dilempar ke neraka jahannam. Na'udzubillahi min dzalik. Bahkan Allah melipatgandakan azab bagi mereka karena dosa besar yang mereka lakukan itu.

Mereka disiksa di neraka dan metetap di sana. Di samping mendapat siksaan jasmani seperti minuman sangat panas yang membakar kerongkongan dan usus mereka, mereka juga mendapat siksaan batin atau rohani. Mereka akan mendapat penghinaan atas kesalahan mereka sewaktu di dunia dahulu.

Bagi yang pernah melakukan ketiga dosa besar, diperintahkan untuk segera bertaubat. Caranya yaitu dengan Taubat Nasuha (tobat yang sebenar-benarnya), menyesalai dan berjanji tidak mengulanginya lagi serta menggantinya dengan amal saleh.

Baca Juga: 3 Dosa Paling Besar Menurut Alqur'an
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)