6 Amalan yang Dapat Membuat Kecantikan Muslimah Terpancar

Sabtu, 27 November 2021 - 18:28 WIB
loading...
6 Amalan yang Dapat Membuat Kecantikan Muslimah Terpancar
Salah satu amalan yang bisa mempercantik wajah muslimah adalah wudhu, karena wudhu dapat mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Foto ilustrasi/ist
A A A
Sebagian wanita memilih mempercantik diri dengan caranya sendiri. Namun tahukah jika wanita muslimah bisa mempercantik diri dengan melakukan amalan-amalan baik ini. Selain murah, hanya dilakukan rutin saja, Insya Allah aura kecantikan muslimah akan terpancar dengan sendirinya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah amalan-amalan yang dapat memancarkan kecantikan perempuan muslimah. Amalan tersebut di antaranya :

1. Berwudhu

Wudhu merupakan suatu aktivitas bagi setiap muslim dan muslimah untuk bersuci sebelum beribadah. Selain bermanfaat menyucikan diri, berwudhu juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.



Tak hanya itu, berwudhu juga menggugurkan dosa-dosa. Maka itu perbanyaklah berwudhu di setiap waktu. Seperti saat hendak keluar rumah dan sebelum tidur malam.

Dikatakan oleh Abu Hurairah radhiyallahu'anhu: Aku mendengar Rasululah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Sholat tahajud

Tahajud merupakan salah satu sholat malam yang dikerjakan setelah bangun dari tidur. Sholat ini tidak hanya bernilai sebagai ibadah yang mulia, melainkan juga rahasia kecantikan perempuan muslimah. Bagaimana tidak cantik, barangsiapa banyak mengerjakan sholat tahajud di malam hari, maka wajahnya akan berseri di pagi harinya.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: “Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

3. Puasa

Salah satu cara yang lebih efektif dibandingkan dengan diet. Saat ini banyak sekali program diet yang menawarkan solusi untuk memiliki postur tubuh yang ideal. Namun tidak jarang kegiatan ini justru menimbulkan penyakit.

Berbeda dengan puasa, selain bernilai ibadah di sisi Tuhan, puasa sebenarnya menyehatkan. Menurut beberapa penelitian, puasa merupakan aktivitas yang sehat. Dengan berpuasa, risiko obesitas dapat dihindari, mengurangi risiko kanker dan menyehatkan jantung.

Para muslimah tidak perlu menjalankan puasa setiap hari. Cukup puasa sunnah Senin dan Kamis, insyaAllah kecantikan aura wajah menjadi semakin terpancar.

4. Rajin membaca Al-Qur'an

Al-Qu'ran bukan hanya sekadar buku karangan manusia. Namun sebuah firman AllahTa'ala yang teramat mulia. Dengan rutin membaca Al-Qur'an, jiwa akan tenang dan wajah kita menjadi berseri seolah mendapatkan nur dari Sang Ilahi.

Maka itu, selalu sempatkanlah membaca Al-Qur'an di setiap hari. Lakukan dengan ikhlas dengan niat beribadah kepada Allah Ta'ala maka niscaya inner beauty-mu akan terlihat dan membuat kagum orang lain

5. Sedekah

Sedekah merupakan salah satu cara melatih keikhlasan kita untuk berbagi kepada orang lain. Hal ini bisa menghindarkan diri dari kecintaan terhadap dunia. Orang yang mencintai dunia lebih rentan terhadap stres karena banyak memikirkan cara untuk menjaga hartanya. Tingkat stres yang tinggi akan berpengaruh pada wajah. Wajah orang yang stres terlihat ketakutan, berkerut dan lesu, sedangkan orang yang sering bersedekah wajahnya terlihat bahagia dan ceria.

Wajah yang ceria tentu saja akan memberikan aura positif bagi dirinya dan lingkungannya, serta membuat siapapun yang memandangnya merasa nyaman. Dengan demikian, sedekah juga bisa menjadi rahasia kecantikan perempuan muslimah

6. Dzikir

Inilah ibadah yang paling mudah dijalankan. Tidak hanya mudah, melainkan juga memiliki manfaat yang teramat besar. Orang yang sering berdzikir maka hatinya senantiasa menjadi tentram. Jika hati tentram tentu aura yang terpancar memiliki energi positif. Aura tersebut membuat wajah sedap dipandang dan tidak membosankan. Sehingga perempuan-perempuan yang banyak berzikir, akan memiliki wajah yang lebih cantik berseri. Alhasil, berdzikir menjadi solusi untuk tampil cantik kapan dan dimana saja.

Demikianlah, amalan-amalan yang dapat memancarkan aura kecantikan muslimah.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5016 seconds (0.1#10.140)