Konsisten Berhijrah, Inilah 5 Kenikmatan yang Akan Didapat

loading...
Konsisten Berhijrah, Inilah 5 Kenikmatan yang Akan Didapat
Hidayah hijrah merupakan anugerah terindah dari Allah Subhanahu wa taala. Ada banyak kenikmatan yang akan dirasakan, terutama nikmat melaksanakan ibadah dan menaati semua perintah sang Khalik. Foto ilustrasi/pinterest
Hidayah hijrah merupakan anugerah terindah dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Ada banyak kenikmatan yang akan dirasakan, terutama nikmat melaksanakan ibadah dan menaati semua perintah sang Khalik. Dalam sebuah hadis qudsi Allah Ta’ala berfirman :

“Wahai sekalian hamba-Ku, kalian semua berada dalam kesesatan kecuali yang Kuberi petunjuk, maka mintalah petunjuk kepada-Ku, niscaya akan Kuberi petunjuk.” (HR. Muslim)

Baca juga: Supaya Hijrah Menjadi Istiqamah, Inilah Bekal-bekal Persiapannya

Hadis tersebut memberikan beberapa pelajaran, antara lain:

1. Bila seorang bertanya tentang anugerah Allah yang terindah, maka hidayahlah jawabannya.

Bisa sholat tepat waktu karena hidayah dari Allah. Bisa puasa karena hidayah dari Allah. Muslimah bisa menuntut ilmu karena hidayah dari Allah, dan seterusnya. Bahkan, kita bisa hidup bersama Allah karena hidayah-Nya. Merasakan manisnya iman dan indahnya Islam juga karena hidayah-Nya.

2. Allah Ta’ala memerintahkan kita, untuk meminta petunjuk-Nya, karena hanya Allah saja yang bisa membuka hati kita, menjadikan hati tunduk dan ridho terhadap kebenaran.

3. Hidayah adalah anugerah Allah yang teragung dan terindah.

Bila kita diperintahkan untuk mensyukuri nikmat-nikmat Allah, maka nikmat hidayah adalah yang paling harus kita syukuri. Syukur dengan ucapan, perbuatan dan pengakuan bahwa nikmat itu datang dari Allah.

4. Imam Asy-Syuyuthirahimahullah menjelaskan dalam tafsirnya, mengenai sebab turunnya ayat di bawah ini. Beliau menukil riwayat dari Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu, Ibnu Abbas berkata,
halaman ke-1
cover top ayah
قُلۡ اِنَّ صَلَاتِىۡ وَنُسُكِىۡ وَ مَحۡيَاىَ وَمَمَاتِىۡ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعٰلَمِيۡنَۙ
Katakanlah (Muhammad), Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam. 

(QS. Al-An’am:162)
cover bottom ayah
preload video