2 Amalan yang Memudahkan Seseorang Masuk Surga

loading...
2 Amalan yang Memudahkan Seseorang Masuk Surga
Berbuat baik dan berbakti kepada orangtua merupakan salah satu amalan yang memudahkan seseorang masuk surga. Foto/dok freepik
Surga itu diliputi dengan perkara yang tidak menyenangkan atau sesuatu yang sulit diraih bagai berada di tempat tinggi. Sedangkan neraka diliputi perkara yang disukai nafsu.

Dari banyak amalan yang dapat memasukkan seseorang ke surga, ada dua amalan yang memudahkan kita menjadi ahli surga. Bagi sebagian orang, amalan ini mungkin dianggap sulit, tetapi ganjarannya surga. Berikut kedua amalan tersebut:

1. Berakhlak Mulia (Akhlaqul Kariim)
Amalan yang paling banyak membuat orang masuk surga adalah akhlak mulia (akhlaqul karimah). Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

أَكْثَرُ مَا يُدْخِلُ اَلْجَنَّةَ تَقْوى اَللَّهِ وَحُسْنُ اَلْخُلُقِ

"Yang paling banyak memasukkan ke surga adalah takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia." (HR At-Tirmidzi, Ibnu Maajah dan Al-Hakim)

Hal itu dikarenakan akhlak mulia merupakan timbangan amal baik paling berat. Dari Abu Darda', Nabi bersabda:

مَا مِنْ شَىْءٍ يُوضَعُ فِى الْمِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الْخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلاَةِ

"Tidak ada sesuatu amalan yang jika diletakkan dalam timbangan lebih berat dari akhlaq yang mulia. Sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa menggapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin sholat." (HR at-Tirmidzi)

Riwayat lain dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا
halaman ke-1
cover top ayah
لَا يَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا فِى الۡبِلَادِؕ
Jangan sekali-kali kamu teperdaya oleh kegiatan orang-orang kafir yang bergerak di seluruh negeri.

(QS. Ali 'Imran:196)
cover bottom ayah
preload video