Doa Khotmil Qur'an Bahasa Arab dan Indonesia

Senin, 06 Desember 2021 - 14:47 WIB
loading...
Doa Khotmil Quran Bahasa Arab dan Indonesia
Salah satu doa yang mustajab adalah berdoa ketika selesai mengkhatamkan Al-Quran. Foto/Ist
A A A
Doa khotmil Qur'an adalah doa yang dibaca setelah selesai menamatkan (khatam) Al-Qur'an. Berdoa setelah khatam Qur'an sangat dianjurkan karena saat itu turun rahmat Allah dan para Malaikat akan mengaminkan doanya.

Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu ketika khatam Al-Qur'an, beliau mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu beliau berdoa untuk kebaikan mereka. Adapun keutamaan mengkhatamkan Al-Qur'an disebutkan dalam hadis berikut:

اِذَا خُتِمَ الْقُرْأٓنُ نَزَلَتِ الرَّحْمَةُ

"Apabila dikhatamkan Al-Qur'an, maka turunlah rahmat Allah". (HR at-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Mujahid)

Dalam hadits riwayat ad-Darimy, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ الْقُرْأٓنَ ثُمَّ دَعَا، أَمَّنَ عَلَى دُعَائِهِ اَرْبَعَةُ اَلَافِ مَلِكٍ

"Barang siapa telah membaca Al-Qur'an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu Malaikat yang mengaminkan doanya." (HR ad-Darimy)

Berikut Doa Khotmil Qur'an

صَدَقَ اللهُ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ وَبَلَّغَ رَسُوْلُهُ الْحَبِيْبُ الْكَرِيْمُ وَعَلَى مُحَمَّدٍ مِنَّا وَمِنْكُمْ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ وَأَزْكَى التَّحِيَّةِ وَالتَّسْلِيْمِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Shodaqallaahul 'aliyyul 'azhiimu wa ballagha Rasuuluhul habiibul Kariimu wa 'alaa Muhammadin minnaa wa minkum afdhalush shalaati wa azkat tahiyyati wat tasliimi walhamdu lillaahi Rabbil 'Aalamiin.

Artinya:
Maha benar Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, dan Rasul-Nya yang tercinta lagi mulia telah menyampaikan, dan atas nabi Muhammad, dari kami dan dari kamu semua, rahmat yang paling utama, kehormatan dan kesejahteraan yang paling suci, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa untuk Diri Sendiri

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَاماً وَنُوْراً وَهُدًى وَرَحْمَةً اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِى تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْن


Allhummarhamni bil Qur'an. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj‘alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Artinya:
Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an yang agung, jadikanlah ia bagiku sebagai panutan, cahaya, dan petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku andai aku lupa akan ayat Al-Qu'ran ajarkan aku dari padanya yang belum aku tahu dan anugrahkan kepadaku kesempatan untuk membacanya tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan semesta alam."

Lafaz Doa untuk Jamak:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنَا بالقُرْءَانِ وَاجْعَلهُ لَنَا إِمَاماً وَنُوراً وَهُدًى وَرَحْمَةً
اللَّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَانَسِيْنَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَاجَهِلْنَا وَارْزُقْنَا تِلاَوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَارَبَّ العَالَمِينَ


Allaahummar hamnaa bil Qur-aani waj'alhu lanaa imaaman wa nuuran wa hudan wa rahmatan. Allaahumma dzakkirnaa minhu maa nasiinaa wa 'allimnaa minhu maa jahilnaa, warzuqnaa tilaawatahu aanaa allaili wa athrafan nahaari waj’alhu hujjatan lanaa yaa Rabbal 'Aalamiin.

Artinya:
Ya Allah! limpahkanlah kami rahmat berkat Al-Qur'an, dan jadikanlah ia imam, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagi kami. Ya Allah! ingatkanlah kami apa yang kami lupa dari Al-Qur'an, ajarkanlah kami apa yang tak kami ketahui dari Al-Qur’an, berilah kami karunia untuk dapat membacanya malam maupun siang hari, dan jadikanlah ia hujah bagi kami, wahai Pemelihara alam.

Kemudian Membaca Doa Berikut:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)