Amalan Yang Membuat Derajat Muslimah Akan Terangkat

loading...
Amalan Yang Membuat Derajat Muslimah Akan Terangkat
Menjaga wudhu, menjadi salah satu amalan yang bisa mengangkat derajat kaum muslimah di mata Allah SWT. Foto Dok SINDOnews
Wanita dan laki-laki punya kesempatan yang sama untuk masuk surga dan mendapatkan ridha Allah Subhana Wata'ala. Hal itu sudah dijamin dan ditetapkan Allah.

Bahkan, bukan tidak mungkin wanita dapat dengan mudah masuk surga jika melakukan amal kebaikan dan menjauhi syirik. Hendaknya wanita juga menjauhi sifat ciri wanita yang sulit masuk surga. (Baca juga : Belajar Mencintai Salat Tahajjud )

RasulullahShallalhu alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

” Apabila seorang wanita ( istri ) itu telah melakukan salat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga harga dirinya dan mentaati perintah suaminya, maka ia diundang di akhirat supaya masuk surga berdasarkan pintunya mana yang ia suka ( sesuai pilihannya ) . “( HR. Ahmad , Ibnu Hibban dan Thabrani )

Hakikatnya, amalan dasar yang memudahkan muslimah masuk surga adalah salat. Harus menjaga salat 5 Waktu.

Allah berfirman : ”Maka dirikankanlah shalat itu ( sebagaimana biasa ) sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang – orang yang beriman.” (Surah An – Nisa ayat 103 ). Sebab itu wanita harus salat wajib sepanjang hari.

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu'anhu, Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam bersabda :

”Perumpamaan salat lima waktu adalah seperti seseorang yang mandi di sebuah sungai yang dalam yang mengalir di depan rumahnya sebanyak lima kali sehari. ”(HR. Muslim).

Selain itu, ada juga amalan yang perlu diketahui para muslimah, yakni amalan yang bisa menghapus kesalahan dan meningkatkan derajat muslimah. (Baca juga : Jangan Remehkan Kriteria Jodohmu, Ukhti! )

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, katanya: "Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sukakah engkau semua saya tunjukkan pada sesuatu amalan yang dengannya itu Allah akan menghapuskan segala macam kesalahan serta mengangkat pula dengannya tadi sampai beberapa darajat?" Para sahabat menjawab; "Baik, ya Rasulullah." Beliau bersabda:*_

"Yaitu menyempurnakan wudhu' sekalipun banyak menghadapi kesulitan, melangkahkan kaki untuk pergi ke masjid, serta menantikan salat setelah selesai salat yang satunya. Yang sedemikian itulah yang dinamakan ribat (perjuangan)." (HR. Muslim)*_

Pelajaran yang terdapat di dalam Hadist :

1. Menyempurnakan wudhu' sekalipun menghadapi kesulitan, misalnya di saat cuaca dingin sekali, sehingga airnya pun menjadi sangat dingin.

2. Dalam Hadist di atas dijelaskan bahwa senantiasa berthaharah yakni tetap suci dari hadats besar dan kecil, juga shalat dan segala sesuatu yang dilakukan ditujukan untuk niat beribadah dan berbakti kepada Allah, adalah sama pahalanya dengan berjihad fii sabilillah.

3. Disebut tiga perkara itu karena musuh yang utama bagi manusia adalah hawa nafsunya.

Tiga amalan itu (yang disebut dalam hadist) untuk membendung jalan-jalan syetan dan hawa nafsu. Maka barang siapa bisa melestarikan tiga perkara di atas, akan dihapus kesalahannya dan diangkat derajatnya.

Karena itu, marilah para muslimah, mulai saat ini bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintah dan meninggalkan larangan.
Yaitu takut akan hari ia dihadapkan kepada Allah dan takut akan keputusan Allah terhadap dirinya di hari itu. Lalu ia menahan hawa nafsunya dan tidak memperturutkannya serta menundukkannya untuk taat kepada Allah, surga tempatnya.

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى*

"Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya." (QS.An-Nazi'at: 40)

*فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى*

"Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)." (QS.An-Nazi'at: 41)

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
اِنَّمَا التَّوۡبَةُ عَلَى اللّٰهِ لِلَّذِيۡنَ يَعۡمَلُوۡنَ السُّوۡٓءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوۡبُوۡنَ مِنۡ قَرِيۡبٍ فَاُولٰٓٮِٕكَ يَتُوۡبُ اللّٰهُ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيۡمًا حَكِيۡمًا
Sesungguhnya bertobat kepada Allah itu hanya pantas bagi mereka yang melakukan kejahatan karena tidak mengerti, kemudian segera bertobat. Tobat mereka itulah yang diterima Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. An-Nisa:17)
cover bottom ayah
preload video