Selain Nabi Isa, Nabi Yehezkiel Juga Bisa Menghidupkan Orang Mati

Senin, 27 Desember 2021 - 05:15 WIB
loading...
Selain Nabi Isa, Nabi Yehezkiel Juga Bisa Menghidupkan Orang Mati
Ilustrasi ketika Nabi Yehezkiel menghidupkan orang-orang Israel yang mati. (Foto: Edward Gooch/Getty Images)
A A A
Selain Nabi Isa AS ada nabi lain yang bisa menghidupkan orang yang telah mati. Dia adalah Nabi Yehezkiel atau dalam pelafalan bahasa Arab disebut Hizqil. Ath-Thabari dalam kitabnya berjudul "Ta’rikh al-rusul wa’l-muluk" menyebut hal itu mengacu kepada Surat Al-Baqarah ayat 243 dan riwayat-riwayat dari para ulama terdahulu.



Perihal mukjizat Nabi Isa yang dapat menghidupkan orang mati bisa dilihat dalam Al-Quran surat Ali ‘Imran Ayat 49.

وَرَسُوۡلًا اِلٰى بَنِىۡۤ اِسۡرٰٓءِيۡلَ ۙ اَنِّىۡ قَدۡ جِئۡتُكُمۡ بِاٰيَةٍ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ ۙۚ اَنِّىۡۤ  اَخۡلُقُ لَـكُمۡ مِّنَ الطِّيۡنِ كَهَیْـــَٔةِ الطَّيۡرِ فَاَنۡفُخُ فِيۡهِ فَيَكُوۡنُ طَيۡرًاۢ بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌‌ۚ وَاُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ وَاُحۡىِ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌ۚ وَ اُنَبِّئُكُمۡ بِمَا تَاۡكُلُوۡنَ وَمَا تَدَّخِرُوۡنَۙ فِىۡ بُيُوۡتِكُمۡ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيَةً لَّـكُمۡ اِنۡ كُنۡتُمۡ مُّؤۡمِنِيۡنَۚ


Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): ‘Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.” ( QS Ali Imran : 49)

Sedangkan mukjizat Nabi Yehezkiel, menurut Ath-Thabari atau yang bernama lengkap Abu Ja'far Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Ghalib al-Amali ath-Thabari, tercantum dalam Surat Al-Baqarah Ayat 243 dan riwayat-riwayat dari para ulama terdahulu.

Allah SWT berfirman:

اَلَمۡ تَرَ اِلَى الَّذِيۡنَ خَرَجُوۡا مِنۡ دِيَارِهِمۡ وَهُمۡ اُلُوۡفٌ حَذَرَ الۡمَوۡتِ ۖ فَقَالَ لَهُمُ اللّٰهُ مُوۡتُوۡا ثُمَّ اَحۡيَاھُمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَذُوۡ فَضۡلٍ عَلَى النَّاسِ وَلٰـكِنَّ اَکۡثَرَ النَّاسِ لَا يَشۡکُرُوۡنَ


Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang ke luar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati; maka Allah berfirman kepada mereka: ‘Matilah kamu,’ kemudian Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” ( QS Al-Baqarah : 243)



Diriwayatkan oleh Wahab bin Munabbih:

Kemalangan menimpa beberapa orang Israel, disebabkan adanya bencana pada waktu itu. Mereka mengeluh tentang apa yang telah terjadi kepada mereka, ‘Apakah kami akan dimatikan?! Kami ingin beristirahat dari apa yang kami alami sekarang.’

Allah berfirman kepada Yehezkiel: "Umatmu mengeluhkan kemalangan, menyatakan bahwa mereka ingin mati dan beristirahat. Tetapi apa yang tersisa bagi mereka dalam kematian? Apakah mereka berpikir bahwa Aku tidak dapat membangkitkan mereka setelah kematian? Jadi berangkatlah ke dataran yang luas itu, karena di sana ada empat ribu."

Mereka adalah orang-orang yang dikisahkan oleh Allah: "Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang ke luar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati. ( QS Al-Baqarah Ayat 243).

Bangkitlah dan kabarkan kepada mereka! Sekarang tulang belulang mereka sudah berserakan, burung-burung dan binatang pemangsa telah menceraiberaikan mereka.

Namun Yehezkiel menyeru mereka, berkata: "Wahai tulang belulang yang berserakan! Allah memerintahkanmu untuk menyatu kembali!"

Dan tulang belulang dari masing-masing orang menyatu kembali. Kemudian Yehezkiel menyeru untuk kedua kalinya, mengatakan: "Wahai tulang belulang! Allah memerintahkanmu untuk dibalut daging!"

Mereka kemudian ditutupi oleh daging dan, setelah daging, oleh kulit, dan menjadi tubuh.

Kemudian Yehezkiel menyeru untuk ketiga kalinya, mengatakan: "Wahai engkau roh! Allah memerintahkanmu untuk kembali ke tubuhmu!"

Roh mereka hadir atas izin Allah, dan mereka memuji-Nya dengan serentak.”
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)