Muslimah, Inilah 7 Cara Menghindari Berghibah dan Manfaatnya

Jum'at, 31 Desember 2021 - 14:34 WIB
loading...
Muslimah, Inilah 7 Cara Menghindari Berghibah dan Manfaatnya
Perbuatan ghibah yang biasanya dengan membicarakan kejelekan-kejelekan orang lain nyatanya sudah dianggap lazim. Namun, Allah Subhanhu wa taala memiliki segala cara untuk mengingatkan hamba-hamba-Nya yang beriman. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Bergunjing atau ghibah sudah menjamur di kalangan masyarakat, ironisnya banyak pelakunya adalah kaum wanita. Perbuatan ghibah yang biasanya dengan membicarakan kejelekan-kejelekan orang lain nyatanya sudah dianggap lazim. Namun, Allah Subhanahu wa ta'ala memiliki segala cara untuk mengingatkan hamba-hamba-Nya yang beriman. Ketika kita sudah menyadari perbuatan ghibah yang kita lakukan, hendaknya kita langsung memohon ampun.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah cara-cara menghindari tindakan ghibah:

1. Sebelum membicarakan kejelekan, ingatlah kebaikan orang itu pada kita

Kecenderungan manusia adalah memandang keburukan lebih banyak daripada kebaikan. Padahal, manusia diciptakan memang tidak sempurna, yang memiliki banyak sekali kekurangan dan kesalahan, begitu pun juga kita.


2. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan

Jangan suka menggunjingkan orang lain, padahal kita sendiri masih banyak yang harus diperbaiki. Sebelum membicarakan orang lain, cobalah kita membayangkan sendiri bagaimana rasanya jika keburukan kita dibicarakan dan disingkap ke mana-mana. Itulah yang akan mereka rasakan pula.

3. Mengisi waktu luang dengan kesibukan

Kebiasaan menggunjingkan orang lain biasanya dilakukan saat ada waktu kosong di mana kita sedang tidak melakukan apapun. Agar terhindar dari ghibah, kita harus mengisi waktu kosong itu dengan melakukan banyak hal yang lebih berguna, misalnya belajar, belanja, membaca, dan lain-lain.

4. Bergaul dengan orang yang berperilaku baik

Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan baik. Itulah motto yang harus selalu kita ingat. Bagaimana caranya kita bisa berhenti melakukan ghibah jika kita selalu berkumpul dengan orang-orang yang setiap hari bergossip? Maka dari itu, carilah kelompok orang cendekiawan yang bisa membangun kepribadian kita lebih baik, meski bukan berarti kita menjauhi orang-orang yang berperilaku buruk.

5. Memperingatkan orang lain yang melakukan ghibah

Inilah yang harus kita lakukan ketika menemukan sekelompok orang yang sering menjelek-jelekkan orang lain: Peringatkan mereka! Karena penyakit bisa mewabah jika tidak ada yang menghentikannya.

6. Banyak membaca Al-Qur'an

Jika Anda mengaku umat yang beragama, berhentilah berbuat buruk dan perbanyak membaca Al-Qur'an. Banyaknya firman Allah bisa membuat diri kita dipenuhi kesucian yang membuat kita bisa kebal dari bisikan setan.

7. Pikirkan sebelum bicara

Sebelum membicarakan orang lain, pikirkanlah dahulu apakah perkataan itu bermanfaat. Lidah bisa menjadi berkat dan bisa juga menjadi kutuk; kita harus memilihnya.


Beragam Manfaat Menghindari Ghibah

Manfaat menghindari ghibah sangat banyak sekali, jadi jangan menganggap bahwa menghindari ghibah tidak memiliki manfaat. Orang-orang yang menghindari perbuatan ghibah akan memiliki banyak sekali anugerah yang bisa kita dapat, yakni:

1.Aktivitas lebih produktif.

Tentu saja, orang yang tidak terbiasa membicarakan orang lain pasti memilki kesibukan dalam hidup sehari-harinya. Orang-orang yang menghindari ghibah akan memiliki pikiran yang lebih santai untuk mengerjakan kegiatannya, yang menghasilkan kerja yang lebih produktif tanpa gangguan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)