Kumpulan Artikel: Ghibah

  • Inilah Jenis Ghibah yang Boleh,  Salah Satunya Menggunjingkan Kezaliman Penguasa
    Tausyiah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 14:05 WIB
    Ghibah atau menggunjing merupakan perbuatan tercela dan dosa. Namun ada beberapa jenis ghibah yang ternyata diperbolehkan bahkan dianjurkan dilakukan. Ghibah seperti apa dan bagaimana dalilnya?
  • Memang Ada Ghibah yang Diperbolehkan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 09:36 WIB
    Ghibah atau menggunjing adalah perbuatan yang tercela dan termasuk dosa besar. Namun ternyata, ada beberapa bentuk ghibah yang dibolehkan dalam syariat.
  • Ada Ghibah yang Diperbolehkan, Ini Syarat-syaratnya!
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:45 WIB
    Ghibah atau menggunjing adalah perbuatan yang tercela dan termasuk dosa besar. Namun ternyata, ada beberapa bentuk ghibah yang dibolehkan dalam syariat.
  • Masih Suka Ghibah? Selain Dosa, Bahayanya sangat Mengerikan
    Muslimah
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 11:15 WIB
    Masih banyak kaum wanita yang menyepelekan dosa ghibah. Dan tahukah Anda, bahwa selain dosa, ada dampak atau bahaya besar dari perbuatan tercela tersebut?
  • Ngeri, Azab Kubur Berlaku bagi Pelaku Ghibah
    Muslimah
    Selasa, 12 September 2023 - 11:46 WIB
    Ghibah atau bergunjing merupakan dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah Taala. Bahkan, ada ancaman azab kubur bagi pelakunya yang sangat mengerikan.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Suka Bergosip tentang Artis? Ini Hukumnya dalam Islam
    Muslimah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 14:27 WIB
    Membajirnya informasi di media sosial, semakin tidak ada lagi jarak untuk menggunjingkan seseorang apalagi kalangan selebritis atau publik figur lainnya. Lantas bagaimana pandangan Islam tentang orang yang suka menggunjing artis-artis atau para publik figur ini?
  • Hilangkan Kebiasaan Berghibah dengan Puasa Daud, Cocok untuk Kaum Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:48 WIB
    Selain mendapatkan pahala, puasa Daud juga bermanfaat bagi kesehatan, spriritualitas dan juga sosial. Manfaat-manfaat puasa Daud ini, justru sangat optimal bila diamalkan kaum muslimah.
  • Cara Bertaubat dari Dosa Ghibah, Insya Allah Diampuni
    Tausyiah
    Senin, 12 Juni 2023 - 21:31 WIB
    Cara bertaubat dari perbuatan dan dosa ghibah penting diketahui setiap muslim. Ghibah merupakan perbuatan tercela yang sangat dibenci Allah dan dapat menghapus amalan seseorang.
  • Hati-hati Dosa Ghibah, Ini Kisah Seorang yang Pernah Berprasangka Buruk
    Hikmah
    Senin, 05 Juni 2023 - 15:29 WIB
    Hati-hati dengan ghibah. Selain dibenci Allah dan Rasul-Nya, ghibah termasuk perbuatan yang dapat menghapus pahala amal saleh. Berikut kisah seorang pernah berprasangka buruk.
  • Ngerinya Bahaya Ghibah, dari Merusak Agama hingga Menimbulkan Dendam
    Muslimah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 09:01 WIB
    Ghibah atau bergosip pada saat ini sudah menjadi santapan di setiap forum dan menjadi kebiasaan terulang-ulang di kebanyakan pertemuan kaum wanita
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Hujurat Ayat 12, Jauhi Ghibah dan Prasangka Buruk
    Hikmah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 19:38 WIB
    Surat Al-Hujurat ayat 12 mengandung perintah untuk menjauhi prasangka buruk dan menggunjing orang lain. Islam melarang kaum mukmin menjauhi ghibah karena ancamannya dahsyat.
  • Awas Ghibah saat Puasa! Begini Konsekuensi Mengerikan yang Diperoleh
    Tausyiah
    Senin, 10 April 2023 - 04:00 WIB
    Orang yang melakukan ghibah diibaratkan seperti orang yang sedang memakan bangkai saudaranya. Lalu, berkaitan ghibah pada saat menjalankan ibadah puasa?
  • Ingin Puasanya Selamat? Jauhi Perkara yang Satu Ini
    Tausyiah
    Senin, 03 April 2023 - 03:05 WIB
    Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus saja. Pahala puasanya hangus dan berakhir sia-sia. Ini salah satu penyebabnya.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Humazah, Peringatan Bagi Pengumpat dan Pencela
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 21:49 WIB
    Surat Al-Humazah merupakan surat ke-104 dalam mushaf Al-Quran. Asbabun Nuzul (sebab turunnya) surat ini berkaitan dengan orang yang suka mencela dan mengejek Rasulullah SAW.
  • Jauhi Jenis Ghibah Ini, Dosanya Sangat Mengerikan!
    Tausyiah
    Jum'at, 25 November 2022 - 13:08 WIB
    Dari Kitab Tazkiyatun Nafs, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat, termasuk yang wajib dihindari dan ditinggalkan sejauh-jauhnya adalah ghibah (menggunjing, mencela, menghina).
  • Neraka Huthamah, Tempat Khusus Bagi yang Suka Ghibah
    Tausyiah
    Sabtu, 05 November 2022 - 22:58 WIB
    Neraka Huthamah merupakan tempat khusus bagi yang suka ghibah. Berikut gambaran neraka Huthamah yang sangat mengerikan diabadikan dalam Al-Quran.
  • Inilah 10 Bahaya Ghibah yang Mengerikan yang Sering Diremehkan Wanita
    Muslimah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Ghibah atau bergunjing nampaknya sudah dianggap biasa dalam kehidupan masyarakat saat ini. Lihat saja ketika ibu-ibu berbelanja sayur di tukang sayur keliling, bertemu saat arisan, dan kegiatan lainnya, bergosip sepertinya sudah menjadi rutinitas.
  • Hati-hati, Ucapan Ini Paling Dibenci Allah SWT
    Muslimah
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 09:37 WIB
    Menjaga lisan dari perbuatan ghibah atau mengucapkan cacian, menghina atau kata-kata kotor dan menyakitkan, sangat dilarang dalam Islam. Akan tetapi, tanpa sadar banyak ucapan yang keluar dari mulut kita membuat orang tersinggung
  • Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menjauhi Ghibah
    Tausyiah
    Senin, 25 Juli 2022 - 23:40 WIB
    Ghibah adalah perbuatan yang sangat buruk dan dibenci Allah Taala. Ghibah artinya menggunjing atau menjelekkan orang lain. Banyak alasan mengapa kita harus menjauhinya.
  • 2 Jenis Ghibah yang Sangat Dilaknat Allah, Nomor Terakhir Sering Terjadi di Medsos
    Muslimah
    Minggu, 05 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Ghibah atau menggunjing, adalah perbuatan tercela yang ditinggalkan jauh-jauh oleh kaum muslim. Di antara jenis ghibah tersebut ada dua jenis yang sangat dilaknat Allah Subhanahu wa taala, yakni al-hamz dan al-lamz.