Doa agar Haid Cepat Keluar Berdasarkan Dalil Al-Qur'an dan Hadis

loading...
Doa agar Haid Cepat Keluar Berdasarkan Dalil Al-Quran dan Hadis
Doa agar haid cepat keluar bagi muslimah sebenarnya tidak ada secara khusus yang tercantum dalam Al-Quran maupun hadis. Akan tetapi secara umum ada doa yang ditujukan untuk kesembuhan suatu penyakit. Foto ilustrasi/ist
Doa agar haid cepat keluar bagi muslimah sebenarnya tidak ada secara khusus yang tercantum dalam Al-Qur'an maupun hadis. Akan tetapi secara umum ada doa yang ditujukan untuk kesembuhan suatu penyakit. Dan kita bisa memakai doa ini untuk meminta kepada Allah agar dimudahkan dalam proses haid atau siklus bulanan kaum hawa ini.

Salah satu doa umum untuk kesembuhan suatu penyakit ada dalam surat Al-Anbiya ayat 83, yaitu permohonan dari Nabi Ayub Alaihissalam kepada Allah. Berikut bunyi ayatnya:
رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

“Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”

Artinya :“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”(QS Al-Anbiya :83)

Baca juga: Doa yang Diajarkan Nabi Ketika Sahabat Sakit, Dibaca 7 Kali

Selain ayat tersebut, ada jugahadis shahihriwayat Bukhari tentang permohonan doa kesembuhan dari rasa sakit, sebagai berikut:
اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman.”

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.” [HR Bukahari].

Di atas adalah doa yang secara umum untuk meminta kesembuhan dari penyakit , di samping itu kita juga sebenarnya bisa meminta doa untuk memperlancar haid kita secara langsung dengan menggunakan bahasa kita sendiri. Karena hakikatnya Allah mengetahui apapun doa yang kita ucapkan, jangankan doa, isi hati kita saja Allah mengetahuinya.

Selain doa, tentu sebagai muslimah kita juga butuh ikhtiar agar haid cepat keluar ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara agar haid cepat keluar dan siklusnya bisa teratur kembali, yakni:

1. Istirahat yang cukup
Penyebab haid tidak keluar umumnya karena stresnpikiran dan kelelahan fisik, sehingga obat mujarab untuk mengatasinya adalah dengan istirahat yang cukup.

2. Banyak minum air putih
3. Minum air kelapa
4. Konsumsi kunyit
5. Konsumsi vitamin C
6. Kompres atau mandi air hangat
7. Terapkan pola hidup sehat

Baca juga: Doa Agar Anak Tidak Rewel Lengkap Arab dan Latinnya

Wallahu A'lam
(wid)
preload video