8 Cara Menjaga Silaturahmi, Nomor Terakhir Dimudahkan Segala Urusannya

Kamis, 27 Januari 2022 - 16:29 WIB
loading...
8 Cara Menjaga Silaturahmi, Nomor Terakhir Dimudahkan Segala Urusannya
Salah satu keutamaan menjaga silaturahmi maka Allah akan melapangkan rezekinya dan selalu disebut-sebut kebaikannya. Foto/Ist
A A A
Indahnya silaturahmi sehingga setiap muslim dilarang untuk memutuskannya. Perintah untuk berkasih sayang sesama manusia diabadikan dalam Al-Qur'an:

وَالَّذِيۡنَ يَصِلُوۡنَ مَاۤ اَمَرَ اللّٰهُ بِهٖۤ اَنۡ يُّوۡصَلَ وَيَخۡشَوۡنَ رَبَّهُمۡ وَ يَخَافُوۡنَ سُوۡۤءَ الۡحِسَابِؕ‏

"Dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk." (QS. Ar-Ra'd Ayat 21)

Dari Abu Hurairah berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) bersabda: "Barang siapa senang dilapangkan rezekinya dan selalu disebut-sebut kebaikannya, maka hendaklah pelihara hubungan silaturrahim." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Keutamaan menjalin silaturahmi selain dapat meringankan hisab yang buruk di hari Kiamat, juga mendatangkan kasih sayang Allah. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk saling mencintai dan mempererat tali persaudaraan.

Berikut 8 cara yang dapat kita amalkan:

1. Mengungkapkan Rasa Cinta
Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seseorang mencintai saudaranya, hendaklah dia mengatakan Cinta kepadanya." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

2. Saling Mendoakan
Umar bin Khotthob radhiyallahu 'anhu berkata: "Aku minta izin kepada Rasulullah SAW untuk melaksanakan umrah, lalu Rasulullah mengizinkanku." Beliau bersabda: "Jangan lupakan kami wahai saudaraku dalam doamu." (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

"Tidak seorang hamba mukmin yang berdoa untuk saudaranya dari kejauhan malainkan Malaikat berkata, 'dan bagimu seperti itu'. (HR Muslim)

3. Senyum dan Menampakkan Wajah Gembira
"Janganlah kamu meremehkan kebaikan apapun, walaupun sekadar bertemu saudaramu dengan wajah ceria (gembira)." (HR Muslim)

4. Berjabat Tangan yang Hangat
"Tidak ada dua orang muslim berjumpa lalu berjabat tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah." (HR Abu Dawud)

5. Saling Mengunjungi
Rasulullah SAW bersabda: "Allah berfirman, 'Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yg mencintai karena Aku, keduanya saling berkunjung karena Aku, dan saling memberi karena Aku'. (Imam Malik dalam Al-Muwaththa')

6. Memberi Ucapan Selamat
"Barangsiapa bertemu saudaranya dengan membawa sesuatu yang dapat menggembirakannya, maka Allah akan menggembirakannya pada hari Kiamat." (HR Thabrani)

7. Saling Memberi Hadiah
"Hendaklah kamu saling memberi hadiah, karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati." (HR at-Thabrani)

8. Saling Membantu Kebutuhan
"Siapa yang melepaskan kesusahan seorang mukmin di dunia niscaya Allah akan melepaskan kesusahannya di akhirat. Siapa yang memudahkan orang yang kesusahan, niscaya Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Siapa yang menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya. Dan Allah selalu menolong hamba-Nya jika hamba tersebut menolong saudaranya." (HR Muslim)

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam juga berpesan: "Janganlah kalian saling mendengki, janganlah saling mencurangi, janganlah saling membenci, janganlah saling membelakangi dan janganlah sebagian kalian menjual atas penjualan sebagian yang lainnya. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara! Seorang muslim adalah bersaudara, janganlah menzhaliminya, merendahkannya dan janganlah mengejeknya! Takwa ada di sini (beliau menunjuk ke dadanya tiga kali). Cukup dikatakan jelek seorang muslim jika ia menghinakan saudaranya muslim. Setiap muslim atas muslim lainnya haram darahnya, harta dan kehormatannya." (HR Muslim)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)