Doa Agar Mendapat Pekerjaan Baru

Rabu, 02 Februari 2022 - 16:41 WIB
loading...
Doa Agar Mendapat Pekerjaan Baru
Doa agar mendapat pekerjaan baru dapat diamalkan setelah sholat sembari bersungguh-sungguh melakukan ikhtiar. Foto/Ist
A A A
Doa agar mendapat pekerjaan baru perlu diketahui kaum muslim terutama bagi yang sedang ikhtiar memenuhi nafkah. Untuk diketahui, bekerja dan berusaha adalah bagian dari Sunnah Nabi.

Dalam Al-Qur'an, Allah memerintahkan kita untuk bekerja mencari rezeki sebagaimana firman-Nya yang artinya: "Maka carilah rezeki di sisi Allah, kemudian beribadah dan bersyukurlah kepada Allah. Hanya kepada Allah kamu akan dikembalikan. (QS Al-Ankabut: 17)

Dalam satu riwayat, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang umatnya menjadi pengemis. Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda yang artinya: "Sungguh seorang dari kalian yang memanggul kayu bakar dengan punggungnya lebih baik baginya daripada dia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya atau menolaknya." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut beberapa doa agar mendapat pekerjaan baru:

1. Doa Pertama

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as Aluka 'ilman Naa'fian wa rizqan Thoyyiban wa 'amalan mutaqobbala.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima." (HR Ahmad)

2. Doa Kedua

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as Aluka an tarzuqonii Rizqon halaalan waasi'an thoyyiban min ghoiri ta'abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka 'alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

3. Doa Ketiga

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ فَتْحَهُ وَنَصْرَهُ وَنُوْرَهُ وَبَرَكَتَهُ وَهُدَاهُ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَخَيْرَ مَا قَبْلَهُ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ. وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ وَشَرِّ مَا قَبْلَهُ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ

Allahumma innii as Aluka khaira haadzal yaum, fathahu, wa nashrahu, wa nuurahu, wa barakatahu, wa hudahu. Allaahumma innii as Aluka khaira haadzal yaum wa khaira maa fihi wa khaira maa qablah, wa khaira maa ba'dah. Wa a'udzubika min syarri haadzal yaum, wa syarri ma fiihi wa syarri maa qablah, wa syarri maa ba'dah.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan, pembuka (rahmat), pertolongan, cahaya, berkah, dan petunjuk di hari ini. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini, kebaikan apa yang ada di dalamnya, kebaikan hari sebelumnya, dan kebaikan hari setelahnya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan hari ini, keburukan apa yang ada di dalamnya, keburukan hari sebelumnya, dan keburukan hari sesudahnya."

4. Dzikir Pembuka Rezeki
Dalam Shahih Al-Bukhari diceritakan, suatu ketika seorang lelaki mengeluhkan keadaannya kepada Rasulullah SAW. Ia berkata: "Dunia ini telah berpaling dariku dan yang telah kuperoleh dari tanganku sangatlah sedikit."

Rasulullah bertanya kepadanya: "Apakah engkau tidak pernah membaca doanya para Malaikat dan tasbihnya seluruh makhluk yang dengan itu mereka mendapat limpahan rezeki?" Lelaki itu bertanya, "Doa apakah itu wahai Rasulullah?"

Rasulullah SAW menjawab: "Subhanallah wa Bihamdihi Subhanallahil 'Azhim" dan beristighfarlah kepada Allah sebanyak 100 kali di antara waktu terbitnya fajar hingga menjelang waktu sholatmu. Dengan itu dunia akan tunduk dan merangkak mendatangimu. Allah menciptakan dari setiap kalimat tersebut Malaikat yang selalu bertasbih kepada Allah hingga hari kiamat dan untukmu pahalanya." (HR Al-Bukhari)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)