Ini Amalan Bulan Rajab 10 Hari Pertama Bertabur Pahala

Jum'at, 04 Februari 2022 - 22:03 WIB
loading...
Ini Amalan Bulan Rajab 10 Hari Pertama Bertabur Pahala
Amalan bulan Rajab pada 10 hari pertama jangan lewatkan karena di dalamnya banyak fadhilah dan ganjaran pahala berlipat. Foto/dok galerikitabkuning
A A A
Amalan bulan Rajab pada 10 hari pertama sangat baik untuk dihidupkan karena pahala amal saleh akan dilipatgandakan. Bagi yang ingin mendapat pahala berlipat, berikut beberapa amalan 10 Hari pertama bulan Rajab.

Sekadar mengingatkan, saat ini umat Islam memasuki malam ke-4 bulan Rajab 1443 Hijriyah menurut kalender Islam Global, atau malam ke-3 menurut hasil rukyah PBNU bertepatan Jumat malam (4/2/2022).



Perlu diketahui Rajab adalah bulan dimana Allah mencurahkan rahmat-Nya bagi siapa saja yang bertaubat dan beramal saleh. Keistimewaan Rajab sebagai "Asyhurul Hurum" (bulan-bulan haram) yang disucikan Allah, cukup menjadi dalil bagi kita untuk mengagungkan bulan ini dengan memperbanyak ibadah.

Berikut Amalan Bulan Rajab pada 10 hari Pertama:

1. Puasa Sunnah
Dalam Kitab Ash-Shiyam dan Al-Asbahani dan Ibnu Syahin (keduanya dalam At Targhib dan Al-Baihaqi) disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya di Surga terdapat sungai yang disebut dengan nama Rajab, lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa 1 hari dari bulan Rajab maka Allah akan memberikannya minuman dari sungai tersebut."

Rasulullah juga bersabda: "Barangsiapa berpuasa di bulan Rajab satu hari maka bagaikan puasa satu tahun. Barangsiapa yang berpuasa 7 hari maka ditutupkan darinya 7 pintu api neraka. Dan barangsiapa yang berpuasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan barangsiapa yang berpuasa 10 hari maka dia tidak memohon apapun kepada Allah melainkan diberikan untuknya. Dan barangsiapa yang puasa 15 hari maka penyeru langit menyerukan baginya sesungguhnya Allah telah mengampuni apa yang lalu dari dosamu maka mulailah hidup baru, sungguh telah dirubah kesalahanmu menjadi kebaikan, dan barangsiapa yang puasanya lebih maka Allah akan memberinya lebih".

Lafaz Niat Puasa Rajab:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Ghdin Fii Syahri Rojabi Sunnatan Lillaahi Ta'ala.
Artinya: "Aku niat puasa esok hari di bulan Rajab sunnah karena Allah Ta'ala."

2. Memperbanyak Istigfar Berikut
Kalimat Istighfar ini dibaca 70 Kali:

رب اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

Rabbighfirlii warhamni watub 'alayya

Artinya: "Ya Allah Tuhanku, ampunilah aku, rahmatilah aku dan terimalah taubatku."

Istighfar ini dibaca setiap pagi (setelah sholat Shubuh) dan sore hari (setelah Sholat Ashar atau setelah Sholat Maghrib). Fadilahnya, siapa yang melaziminya setiap hari pada Bulan Rajab maka kulitnya tidak akan tersentuh api neraka.

Kemudian Membaca Istighfar Ini Antara Zuhur dan Ashar 70 Kali:

اَسْـتَغْفِرُ الله َ الْعَظِيْمَ الَّذِي لآ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَلاَ نَفْعًا وَلاَ مَوْتًا وَلاَ حَيَاةً وَلاَ نُشُوْرًا

Astaghfirullaahal 'adziimal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyumu wa atuubu ilaihi taubata 'abdin dzoolimin laa yamliku linafsihii naf'an walaa dhorron walaa quwaatan walaa hayaatan walaa nusyuuron.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya dengan taubat hamba yang zalim yang tidak memiliki pada dirinya sendiri manfaat, mudarat, kekuatan, kehidupan dan kematian."

3. Membaca Tasbih Berikut 100 Kali
Bacaan Tasbih ini dikenal sebagai Dzikir Rajab. Pada 10 hari pertama bulan Rajab dianjurkan menghidupkan dzikir ini sebanyak 100 Kali setiap harinya:

سُـبْحَان الله الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ

Subhaanallaahil hayyul Qayyum.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3079 seconds (0.1#10.140)