Topik Terkait: Rajab

  • Doa dan Dzikir Bulan Rajab Lengkap Arab dan Latinnya
    Tausyiah
    Senin, 23 Januari 2023 - 07:30 WIB
    Dzikir bulan Rajab berikut doanya sangat baik untuk diamalkan kaum muslimin. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadis, Rajab adalah salah satu bulan mulia.
  • Tata Cara Salat Sunah Rajab Beserta Niat dan Waktunya
    Tips
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 13:06 WIB
    Berikut ini tata cara salat sunah Rajab beserta niat dan waktunya yang merupakan maklumat dari Syekh KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin (Mursyid TQN Suryalaya).
  • Mengapa Rajab Dimasukkan dalam Bulan Haram? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 30 Januari 2024 - 10:54 WIB
    Dalam kalender Islam, ada bulan-bulan yang dimasukkan ke dalam bulan haram (mulia), dan Rajab adalah salah satunya. Apa sebenarnya keistimewaan bulan haram ini, dan mengapa Rajab termasuk didalamnya?
  • Peristiwa Rajab: Ketika Perubahan Kiblat Menjadi Ujian bagi Kaum Muslimin
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 10:31 WIB
    Pada pertengahan Rajab tahun kedua hijrah, Allah memerintahkan Rasulullah SAW untuk mengubah arah kiblat salat beliau dari arah Baitul Maqdis ke arah Kakbah di Makkah, kiblat Nabi Ibrahim as dan Ismail as.
  • Doa dan Zikir di Bulan Rajab, Yuk Amalkan!
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 06:55 WIB
    Doa dan zikir di bulan Rajab sangat baik untuk diamalkan kaum muslimin. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadis, Rajab adalah salah satu bulan mulia yang termasuk Asyhurul Hurum (bulan-bulan haram).
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Hukum Puasa 10 hari di Bulan Rajab
    Tips
    Selasa, 31 Januari 2023 - 09:17 WIB
    Sejatinya, hukum puasa 10 hari di bulan Rajab tidaklah memiliki dasar yang kuat. Tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab, baik dalam bentuk puasa, sholat, zakat, maupun umrah.
  • Tanggal Terbaik Puasa Rajab Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 17:58 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang, Gus Baha menjelaskan tanggal terbaik melaksanakan puasa sunnah Rajab. Waktu terbaik puasa Rajab ini merupakan saran dari guru Beliau.
  • Pandangan Ulama tentang Kemuliaan Rajab
    Hikmah
    Jum'at, 04 Februari 2022 - 23:52 WIB
    Para ulama Salaf terdahulu apabila memasuki Rajab mereka sangat senang berpuasa dan menghidupkan sedekah. Berikut pandangan Ulama tentang kemuliaan Rajab
  • Bolehkah Puasa Rajab 1 Hari? Berapa Sebenarnnya Jumlah Puasa Sunnah Tersebut?
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:41 WIB
    Bolehkah puasa Rajab hanya 1 hari? Berapa sebenarnya jumlah puasa sunnah di Bulan Haram ini? Pertanyaan tersebut kerap muncul, terlebih di saat sudah akan memasuki salah satu bulan Haram tersebut.
  • Selamat Datang Bulan Rajab, Berikut 4 Amalan yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 18:05 WIB
    Marhaban Ya Syahru Rajab, selamat datang bulan mulia Rajab. Alhamdulillah, malam ini kita memasuki bulan agung 1 Rajab 1442 Hijriyah bertepatan Jumat malam 12 Februari 2021 menurut kalender Hijriyah.
  • Marhaban Ya Syahru Rajab, Ini Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 20:55 WIB
    Alhamdulillah, malam ini bakda Maghrib menurut hitungan kalender Hijriyah kita telah memasuki bulan yang diagungkan Allah, Selasa (1/2/2022). Berikut amalannya.
  • Amalan dan Zikir di Bulan Rajab
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 17:50 WIB
    Hari ini Sabtu (13/2/2021) kita sudah berada di bulan yang agung, 1 Rajab 1442 Hijriyah. Berikut amalan zikir dan doa yang dianjurkan pada bulan Rajab.
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dan Qadha Puasa Ramadhan?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 17:43 WIB
    Puasa qadha Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardlu karena Allah.
  • Hadis-hadis Palsu Bulan Rajab dan Contoh Kalimatnya
    Tausyiah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Sebagai bulan haram yang diagungkan Allah, Rajab memang sangat istimewa. Sayangnya, setiap kedatangan bulan Rajab banyak Hadis-hadis palsu berseliweran di media sosial.
  • Amalan Sunnah 10 Rajab dan Keistimewaannya
    Tips
    Senin, 22 Januari 2024 - 13:11 WIB
    Ada amalan sunnah 10 Rajab (hari ke 10 di bulan Rajab), umat muslim dianjurkan berpuasa sunnah dan berdoa karena ada keutamaan dan keistimewaan bulan Rajab tersebut.
  • 9 Peristiwa Bulan Rajab Terpopuler, Nomor 1 Paling Agung dan Bersejarah
    Hikmah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 23:24 WIB
    Peristiwa di bulan Rajab perlu diketahui umat Islam agar tidak melupakan sejarah. Dari 9 peristiwa besar di Bulan Rajab, ada satu peristiwa paling agung dan bersejarah.
  • Benarkah Rajab Bulan Istimewa untuk Menikah?
    Muslimah
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 17:04 WIB
    Salah satu keutamaan bulan Rajab, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya. Benarkah demikian?
  • Rajab Ternyata Bulan Kurban Bagi Masyarakat Jahiliyah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Februari 2023 - 10:34 WIB
    Bulan Rajab adalah salah satu dari bulan-bulan Haram. Pada era Jahiliyah masyarakat Arab menyebelih kurban di bulan tersebut. Itu sebabnya bulan ini dinamakan juga Athirah.
  • Zikir Bulan Rajab 70 Kali, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Selasa, 30 Januari 2024 - 15:44 WIB
    Zikir bulan Rajab 70 Kali berikut ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah ra. Hanya saja, zikir ini bisa dilakukan di hari-hari biasa di luar Rajab
  • Jadwal Puasa Bulan Rajab Terbaru Berikut Bacaan Niatnya
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 21:36 WIB
    Jadwal puasa bulan Rajab 1443 Hijriyah akan dimulai besok Kamis (2/2/2022) menurut hasil rukyatul hilal bil fili Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).