Doa Agar Hati Tenang Saat Galau Atau Gelisah

Rabu, 09 Februari 2022 - 18:21 WIB
loading...
Doa Agar Hati Tenang Saat Galau Atau Gelisah
Doa agar hati tenang dapat kita baca sebagaimana diamalkan oleh para Nabi dan Rasul. Foto/dok pinterest
A A A
Doa agar hati tenang dapat kita baca saat mengalami gelisah atau galau karena persoalan hidup. Kunci ketenangan dalam hidup adalah hati yang damai dan tenang.

Segala bentuk permasalahan kehidupan yang menjadi alasan diri kita menjadi gelisah dan galau akan lenyap dengan memohon doa kepada Allah 'Azza wa Jalla.

Doa ketenangan hati dimaksudkan untuk memohon sekaligus memasrahkan segala permasalahan yang ada dalam hidup kita kepada Allah sang pemilik hati dan Dzat yang membolak-balikkan hati.

Berikut beberapa Doa yang akan membuat hati tenang saat galau atau gelisah:

1. Doa Agar Hati Tenang


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani, wa a'udzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatiddaini wa qohrirrijal

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih, duka cita, maupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebatilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

Doa ini merupakan salah satu doa yang diucapkan Rasulullah SAW untuk membuat hati menjadi tenang dan terhindar dari perasaan cemas.

2. Doa Dilapangkan Hati dan Dimudahkan Segala Urusan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي. وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي. وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي. يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisrohli shodri wayassirli amri wahlul 'uqdatam millisani yafqahu qauli

Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku."

Doa ini merupakan doa Nabi Musa 'alaihissalam ketika menghadapi kesulitan kala menghadapi Firaun. Doa tersebut merupakan doa untuk memohon ketenangan dalam hati dan diberikan kemudahan dalam setiap aktivitas yang akan dilakukan.

3. Doa Memohon Ketenangan Saar Gelisah

لّا إِلَهَ إِلاَّ أَنتَ، سُبْحَانَكَ، إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaha illa Anta subhanaka inni kuntu minazh-zhaolimin.

Artinya: "Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk golongan orang-orang zalim."

Doa ini dibaca oleh Nabi Yunus 'alaihissalam. Dengan memanjatkan doa tersebut, kegelisahan kita terhadap setiap masalah akan lenyap, karena secara sadar dan paham kita telah berucap "Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (Allah) yang berarti kita yakin bahwa semua berasal dari Allah dan hanya Allah yang bisa menyelesaikannya.

4. Doa Agar Tidak Galau

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Waidza sa-alaka 'ibadi 'anni fa inni qorib, ujibu da'watad da'i idza da'aani falyastajibuli wal yu'minu bi la'allahum yarsyuduun.

Artinya: "Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala (perintah Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Doa ini merupakan potongan Surat Al-Baqarah ayat 186. Dengan membaca doa tersebut, perasaan galau yang ada dalam hati kita akan hilang, karena dalam doa ini ada penegasan bahwa Allah selalu dekat dengan kita.

Demikian beberapa doa agar hati tenang yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)