Ini Batas Waktu Sholat Subuh yang Patut Kita Ketahui

Sabtu, 12 Februari 2022 - 22:06 WIB
loading...
Ini Batas Waktu Sholat Subuh yang Patut Kita Ketahui
Batas waktu sholat subuh dapat diketahui dari penampakan cahaya putih agak terang yang muncul beberapa saat jelang matahari terbit. Foto/commons.wikimedia.org
A A A
Batas waktu sholat Subuh perlu diketahui umat muslim agar ibadah kita diterima Allah. Al-Qur'an menjelaskan bahwa sholat adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS An-Nisa Ayat 103)

Untuk mengetahui kapan masuknya waktu sholat kita dapat merujuk pada dalil berikut:

Dari Jabir bin Abdullah bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam didatangi oleh Jibril dan berkata kepadanya: "Bangunlah dan lakukan sholat." Maka beliau melakukan sholat Zhuhur ketika matahari tergelincir. Kemudian waktu Ashar menjelang dan Jibril berkata: "Bangun dan lakukan sholat." Maka Nabi melakukan sholat Ashar ketika panjang bayangan segala benda sama dengan panjang benda itu. Kemudian waktu Maghrib menjelang dan Jibril berkata: "Bangun dan lakukan sholat." Maka beliau melakukan shalat Maghrib ketika matahari terbenam. Kemudian waktu Isya menjelang dan Jibril berkata: "Bangun dan lakukan sholat." Maka beliau melakukan sholat Isya ketika syafaq (mega merah) menghilang. Kemudian waktu Shubuh menjelang dan Jibril berkata: "Bangun dan lakukan shalat." Maka Beliau melakukan sholat Subuh ketika waktu fajar merekah/menjelang." (HR Ahmad, Nasai dan Tirmizi)



Bagaimana dengan batas waktu sholat Subuh? Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc MA menjelaskan, waktu sholat itu sambung-menyambung antara sebelumnya dan sesudahnya. Kecuali satu sholat saja yang setelahnya tidak langsung bersambung, yaitu sholat Subuh.

Waktu sholat Subuh (Fajar) dimulai sejak terbitnya fajar shadiq hingga terbitnya matahari. Fajar dalam istilah bahasa Arab bukanlah matahari. Sehingga ketika disebutkan terbit fajar, bukanlah terbitnya matahari. Fajar adalah cahaya putih agak terang yang menyebar di ufuk Timur yang muncul beberapa saat sebelum matahari terbit.
Ini Batas Waktu Sholat Subuh yang Patut Kita Ketahui

Ada dua macam fajar, yaitu fajar kazib dan fajar shadiq. Fajar kazib adalah fajar yang 'bohong' sesuai dengan namanya. Maksudnya, pada saat dini hari menjelang pagi, ada cahaya agak terang yang memanjang dan mengarah ke atas di tengah di langit. Bentuknya seperti ekor Sirhan (serigala), kemudian langit menjadi gelap kembali. Itulah fajar kazib.

Sedangkan fajar yang kedua adalah fajar shadiq, yaitu fajar yang benar-benar fajar yang berupa cahaya putih agak terang yang menyebar di ufuk Timur yang muncul beberapa saat sebelum matahari terbit. Fajar ini menandakan masuknya waktu Subuh.

Jadi ada dua kali fajar sebelum matahari terbit. Fajar yang pertama disebut dengan fajar kazib dan fajar yang kedua disebut dengan fajar shadiq. Selang beberapa saat setelah fajar shadiq, barulah terbit matahari yang menandakan habisnya waktu Subuh.

"Maka waktu antara fajar shadiq dan terbitnya matahari itulah yang menjadi waktu untuk sholat Subuh," terang Ustaz Sarwat dilansir dari rumahfiqih.

Di dalam hadits disebutkan tentang kedua fajar ini: "Fajar itu ada dua macam. Pertama, fajar yang mengharamkan makan dan menghalalkan sholat. Kedua, fajar yang mengharamkan sholat dan menghalalkan makan." (HR Ibnu Khuzaemah dan Al-Hakim).

Batas akhir waktu shubuh adalah terbitnya matahari sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini: Dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Dan waktu sholat Subuh dari terbitnya fajar (shadiq) sampai sebelum terbitnya matahari." (HR Muslim)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)