Sambut Ramadhan, Ini 5 Aplikasi Al-Qur'an Terbaik untuk Tilawah

Senin, 07 Maret 2022 - 08:50 WIB
loading...
Sambut Ramadhan, Ini 5 Aplikasi Al-Quran Terbaik untuk Tilawah
Salah satu tampilan aplikasi Al-Quran yang dapat memudahkan kaum muslim untuk tilawah. Foto/Ist
A A A
Ramadhan 1433 Hijriyah tinggal hitungan hari. Saatnya menyiapkan perlengkapan beribadah seperti perangkat aplikasi Al-Qur'an.

Berikut 5 aplikasi Al-Qur'an terbaik untuk memudahkan kaum muslim tilawah. Dengan aplikasi Al-Qur'an, umat Islam bisa dengan mudah membaca Al-Qur'an terutama bagi yang berada di luar rumah.

Aplikasi Al-Qur'an ini bisa dibaca melalui perangkat smartphone atau Hp. Aplikasi ini lengkap memuat tulisan Arab, latin dan terjemahannya berikut audionya.

Berikut aplikasi Al-Qur'an terbaik yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Muslim Pro
Aplikasi Al-Qur'an ini diikuti 110 juta muslim di seluruh dunia senagai aplikasi pengingat waktu shalat dan pengingat azan paling akurat di perangkat seluler.Aplikasi Muslim Pro memiliki surah-surah ayat suci yang jelas dan mudah dibaca dengan terjemahan di dalamnya. Termasuk mendengarkan lantunan ayat suci dengan fitur audio. Adanya fitur bookmark untuk pilihan juz juga mempermudah pembacanya untuk dilakukan berulang-ulang.

Aplikasi ini juga menjadi aplikasi terbaik pertama yang memiliki notifikasi audio adzan dari pilihan suara muadzin. Adapun fitur-fitur menarik di dalamnya yaitu:
- Kumpulan 99 nama wajib Allah
- Penunjuk kiblat
- Kumpulan doa harian
- Kalender Islamik
- Pelacakan masjid terdekat
- Wisata halal

2. Umma
Aplikasi Al-Qur'an ini merupakan ciptaan anak bangsa dengan beragan fitur yang memudahkan umat membaca alquran. Ada juga fitur jadwal sholat, petunjuk arah kiblat dan kelas belajar agama uClass. Selain itu, Umma juga memiliki beberapa fitur tambahan seperti terjemahan dalam berbagai bahasa, panduan tajwid, fitur pencari surah atau juz yang spesifik, dan bookmark untuk menandai posisi bacaan terakhir.

3. Quran Best
Aplikasi Al-Qur'an Best juga buatan muslim Indonesia yang dirancang semirip mingkin dengan Al-Qur'an cetak. Fitur Al-Qur'an yang tersedia terbilang cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, pencarian ayat berdasarkan kata kunci, bookmark, mode malam, jadwal sholat, azan, podcast islami dan murottal 30 juz dari para qori terbaik.

4. Al-Quran Indonesia
Aplikasi Al-Qur'an Indonesia menyuguhkan Al-Qur'an terjemahan bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah, atau 30 juz. Banyak fitur seperti opsi membaca Al-Qur'an dalam mode landscape atau portrait, mode malam, tajwid berwarna, fungsi menyalin, membagikan dan bookmark ayat Al Quran, serta backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke cloud. Ada juga fitur pelengkap seperti jadwal sholat, imsakiyah, arah kiblat dan kalender hijriah. Semua fitur ini bisa diakses secara offline dan gratis

5. Quran for Android
Aplikasi Al-Qur'an ini termasuk salah satu aplikasi Al Quran terbaik yang ada di Play Store. Adapun fitur yang tersedia yaitu fitur mode malam, terjemahan hingga 20 bahasa, pemutaran audio, bookmark, menandai dan membagikan ayat.

Demikian beberapa aplikasi Al-Qur'an terbaik yang dapat kita manfaatkan untuk menghidupkan bulan suci Ramadhan. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)