Ada Makam 40 Sahabat Rasulullah SAW di Rusia, Jasadnya Utuh Beraroma Harum Mawar

Jum'at, 11 Maret 2022 - 13:03 WIB
loading...
Ada Makam 40 Sahabat Rasulullah SAW di Rusia, Jasadnya Utuh Beraroma Harum Mawar
Makam 4 sahabat Rasulullah SAW berada di Dagestan dianggap sebagai tempat suci oleh seluruh wilayah Kaukasus Utara. (Foto-foto;: Russia Beyond)
A A A
Muslim Dagestani , Rusia, meyakini Islam telah masuk ke negerinya pada era Khalifah Umar bin Khattab . Makam 40 Sahabat Rasulullah atau Kyrkhlyar adalah salah satu buktinya. Makam ini diyakini sudah ada sejak tahun 642-643 M.



Sahabat Nabi atau aṣḥāb al-nabī adalah orang-orang yang mengenal dan melihat langsung Nabi Muhammad SAW , membantu perjuangannya dan meninggal dalam keadaan Muslim. Jumlah mereka amatlah banyak.

Jika merujuk pada jumlah sahabat Nabi yang tercatat dalam berbagai buku biografi karangan ulama yang membahas mereka, seperti kitab Thabaqat Al-Kabir karya Ibnu Sa'ad, kitab Al-Isti'ab karya Ibnu Abdil Barr dan Mu'jam as-Shahabah karya Ibnu Qani', maka terdapat sekitar 2700-an sahabat laki laki dan 380-an sahabat perempuan.

Sedangkan Imam Al-Qasthalani dalam kitab Al-Mawahib menyatakan bahwa jumlah sahabat Nabi ketika peristiwa Fathu Makkah adalah sekitar 7.000 orang, lalu dalam peristiwa Perang Tabuk bertambah menjadi 70.000, dan terakhir pada peristiwa Haji Wada' jumlahnya mencapai sekitar 124.000 orang.

Nah, pada suatu hari, tepatnya pada tahun 640 M, Khalifah Umar bin Khattab memerintahkan Komandan Suraqah bin Amr untuk pergi ke Bab al-Abwab (Derbent).

Mengikuti perintah sang khalifah, detasemen Abd ar-Rahman bin Rabiah, yang merupakan bagian dari unit Suraqah bin Amr, mendekati Derbent pada tahun 642-643.

Di Derbent, pasukan Arab menghadapi orang-orang Khazar yang merebut Derbent pada tahun 630-an. Orang-orang Khazar adalah bangsa nomaden, sekutu penting Kekaisaran Byzantium dalam menghadapi Kekaisaran Sassania, kekaisaran Persia pra-Islam terakhir.

Kala itu pasukan Khazar memiliki lebih dari 30 ribu tentara, sementara pasukan Muslim hanya berjumlah 4000 tentara dengan 40 sahabat nabi atau Ashab memimpin di baris depan.

Menurut sejarawan Persia seperti ath-Thabari, kedua belah pihak dalam pertempuran menggunakan ketapel satu sama lain. Pertempuran itu berlangsung selama enam hari dan menewaskan 20 ribu kafir Khazar dan 40 orang prajurit Muslim.



Setelah syahidnya para Ashab, termasuk Abd ar-Rahman bin Rabiah dan saudaranya, Salman ibn Rabiah, terjadi keajaiban besar. Untuk lebih mempermalukan musuh, bangsa Khazar melarang penguburan tubuh keempat puluh jasad Ashab itu. Tak lama, bencana dan penyakit melanda seluruh daratan Khazar.

Para tetua kemudian mengatakan bahwa wabah dan bencana tak akan usai sampai mereka menguburkan jasad para Ashab dengan hormat dan layaknya para pejuang.

Akhirnya, orang-orang Khazar menghampiri lokasi jasad 40 Ashab, tetapi kemudian terkejut karena tubuh mereka tak membusuk, justru mengeluarkan aroma mawar yang harum.

Alhasil, orang-orang Khazar yang melihat peristiwa ini memutuskan memeluk Islam. Dengan demikian, sekalipun kalah, agama Allah berhasil ditegakkan. Dan makam Makam 40 Sahabat Rasulullah atau Kyrkhlyar itu sampai kini menjadi tempat yang disucikan.

Menurut Russia Beyond, permakaman ini termasuk dalam daftar situs yang dilindungi negara. Makam ini tak hanya dihormati sebagai tempat suci umat Islam di Derbent, juga di seluruh wilayah Kaukasus Utara. Banyak muslim secara khusus datang ke sini untuk berziarah.



Ada Makam 40 Sahabat Rasulullah SAW di Rusia, Jasadnya Utuh Beraroma Harum Mawar

40 Orang Suci
Kisah di era Khalifah Umar bin Khattab tersebut masih ada yang meragukan kesahihannya. Seorang peneliti menyebut Kyrkhlyar bukan makam sahabat nabi, melainkan makam prajurit Muslim di era Dinasti Seljuk pada tahun 1071. Mereka adalah para pemimpin detasemen Ghazi.

Cendekiawan Moldavia Dimitrie Cantemir, yang pada awal abad ke-18 mempelajari barang-barang antik Derbent secara menyeluruh, mencatat legenda pertalian asal-usul pekuburan ini dengan Oghuz Turk, sebuah bangsa Turk barat.

Legenda ini juga dikutip oleh Adam Olearius. Ilmuwan Jerman itu melaporkan bahwa “40 pangeran, orang-orang suci” dikubur di permakaman, yang “dipimpin oleh seorang raja bernama Kassan, yang berasal dari bangsa Okus (maksudnya Oghuz -red.)”.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2475 seconds (0.1#10.140)