Ramadhan 1443 H, Lazismu Tawarkan Bantuan Rp5 Juta untuk Pelaku UMKM

Kamis, 31 Maret 2022 - 18:40 WIB
loading...
Ramadhan 1443 H, Lazismu Tawarkan Bantuan Rp5 Juta untuk Pelaku UMKM
Direktur Zakat dan Wakaf Kemenag Tarmizi Tohor (kanan) menyerahkan SK perpanjangan Lazismu kepada Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu Muarawati Nurmalinda didampingi Sekum PP Muhammadiyah Abdul Muti, Kamis (31/3/2022). FOTO/SINDOnews/ABDUL MALIK MUBAROK
A A A
JAKARTA - Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Muhammadiyah ( Lazismu ) menggelar tujuh program unggulan pada bulan Ramadhan 1443 H/2022 M. Salah satunya adalah Program UMKM Tangguh yang fokus membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

"UMKM Tangguh yaitu pemberian bantuan kepada pelaku UMKM yang sangat membutuhkan tambahan modal usaha dan atau sedang terkena jeratan rentenir dengan nilai bantuan maksimal Rp5 juta," kata Direktur Fundrising Lazismu Edi Muktiono saat peluncuran Program Ramadhan 1443 H Lazismu bertema 'Zakat Tumbuh Indonesia Tangguh' di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Hadir dalam peluncuran Program Ramadhan 1443 H Lazismu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Direktur Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Tarmizi Tohor, Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Muarawati Nurmalinda, dan tamu undangan lainnya.



Menurut Edi, banyak pelaku UMKM yang kolaps selama pandemi Covid-19, sehingga mereka membutuhkan bantuan untuk kembali bangkit pada bulan Ramadhan. Dengan adanya modal, mereka bisa berjualan kebutuhan masyarakat selama bulan puasa.

"Para pelaku UMKM bisa mendaftar ke kantor Lazismu di seluruh Indonesia," kata Edi.

Selain UMKM Tangguh, Lazismu juga meluncurkan enam program lain pada Ramadhan 1443 H. Masing-masing Takjil Tangguh, Ramadhan for New Normal, Ramadhan Ceria, Masjid Tangguh, Guru Tangguh, dan Sekolah Tangguh. Peluncuran tujuh program itu dilakukan oleh Muarawati Nurmalinda.

Dalam keterangannya, Takjil Tanggung adalah kegiatan membagikan makanan ringan jelang buka puasa di lokasi strategis. Tebar takjil bertujuan membantu masyarakat mempersiapkan buka puasa yang berada di perjalanan.

Baca juga: 1.000 Masjid Terima Bantuan Operasional dari Lazismu dan BPKH Yogyakarta

Program selanjutnya adalah Ramadhan for New Normal. Ini adalah program bantuan keluarga dhuafa, seperti keluarga pasien dan petugas kebersihan, berupa kado Ramadhan.

Kemudian Ramadhan Ceria adalah pemberian bantuan untuk masyarakat umum dengan prioritas kurang mampu dalam menyambut Ramadhan. Program ini meliputi bazar seretak di kantor-kantor Lazismu se-Indonesia dengan memberikan subsidi Rp15.000-Rp20.000 per paket.

Lalu Masjid Tangguh. Program bantuan kepada masjid dalam rangka pencegahan penuluaran Covid-19, menambah perlengkapan sarana ibadah untuk jamaah dan meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat masjid.

Ada pula Guru Tangguh yang memberikan bantuan kado Hari Raya Idul Fitri untuk guru persyarikatan yang bergaji di bawah Rp1 juta.

Untuk Sekolah Tangguh adalah program pemberian bantuan kepada sekolah untuk pencegahan penularan Covid-19 dan meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat di sekolah.

Terakhir, UMKM Tangguh yaitu pemberian bantuan kepada pelaku UMKM yang sangat membutuhkan tambahan modal usaha atau sedang terkena jeratan rentenir dengan nilai bantuan maksimal Rp5 juta.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)