Jadwal Buka Puasa Jakarta Hari Ini Senin 4 April 2022

Senin, 04 April 2022 - 17:21 WIB
loading...
Jadwal Buka Puasa Jakarta Hari Ini Senin 4 April 2022
Jadwal buka puasa untuk wilayah Jakarta pada hari ini. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jadwal buka puasa Jakarta hari ini Senin, 4 April 2002 menjadi panduan bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1443 Hijriyah untuk menyegerakan berbuka. Di antara hal yang dianjurkan saat puasa yaitu menyegerakan waktu buka puasa.

Seperti diketahui, Islam melarang melakukan puasa terus menerus tanpa ada waktu berbuka. Dalam kitab Bulughul Maram, Ibnu Hajar menyampaikan hadits yang disebutkan: dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih). Baca juga: Jadwal Imsakiyah untuk Jakarta dan Sekitarnya, Senin 4 April 2022

Syaikh ‘Abdullah Al Fauzan dalam "Minhatul ‘Allam" berkata: “Hendaklah setiap muslim bersemangat mengamalkan sunnah ini, yaitu menyegerakan waktu berbuka. Ini bisa melakukannya dengan cara menyibukkan diri di sore hari dengan membaca Al Qur’an, berdzikir dan berdo’a.

Janganlah pada saat itu ia keluar dari rumahnya kecuali dalam hal penting saja sehingga ia tidak luput dari banyak kebaikan. Jangan sampai ketika muazin menyuarakan azan sedangkan ia berada di jalan menuju rumahnya lalu luput darinya waktu berdo’a saat berbuka dan luput pula sunnah menyegerakan berbuka, wallahul musta’an.”

Jika belum masuk waktunya, kita harus memastikan terlebih dahulu. Jangan pernah menyegerakan berbuka jika belum tiba atau masih meragukan. As-Shan’ani Rahimahullah ketika menjelaskan Hadis tersebut berkata, “Hadis ini merupakan dalil disunnahkannya menyegerakan berbuka jika telah tiba waktunya.”



Berikut jadwal buka puasa Jakarta hari ini Senin 4 April 2022:

Imsak: 4.30 WIB
Subuh: 4.40 WIB
Dzuhur: 11.59 WIB
Ashar: 15.14 WIB
Magrib: 18.00 WIB
Isya: 19.08 WIB
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)