Muslim Wajib Tahu! Ini Rahasia Sedekah dan Ganjaran 700 Kali Lipat

Jum'at, 15 April 2022 - 03:05 WIB
loading...
Muslim Wajib Tahu! Ini Rahasia Sedekah dan Ganjaran 700 Kali Lipat
Keuntungan orang bersedekah selain diganjar 700 kali lipat, amalannya dapat memadamkan murkanya neraka Jahannam. Foto/istimewa
A A A
Rahasia sedekah dan ganjaran 700 kali lipat perlu diketahui umat muslim. Beruntunglah umat muslim yang bersedekah karena amalan itu dapat memadamkan murka neraka Jahannam.

Dalam Kitab Al-Mawa'izh Al-'Usfuriyah, Syekh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menceritakan rahasia sedekah hingga Allah melipatgandakannya 700 kali lipat.



Diriwayatkan dari Ali radhiyallahu 'anhu ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) bersabda: "Ketika sedekah keluar dari tangan seseorang maka sedekah itu jatuh di kuasa Allah terlebih dahulu sebelum berada di tangan orang yang menerimanya." Kemudian sedekah itu mengatakan lima kalimat, yaitu:
1. Aku adalah hal yang kecil, kemudian kamu membuatku besar.
2. Aku adalah hal yang sedikit, kemudian kamu membuatku menjadi banyak.
3. Aku adalah hal yang tidak disukai, kemudian kamu menyukaiku.
4. Aku adalah hal yang akan sirna, kemudian kamu membuatku tetap ada.
5. Kamu adalah orang yang menjagaku, maka kini aku adalah yang menjagamu.

Neraka Jahannam Sujud Syukur kepada Allah
Diriwayatkan dari Mak-hul asy-Syami bahwa ia berkata: "Ketika seorang mukmin mengeluarkan sedekah maka ia diridhoi. Kemudian neraka Jahannam mendekat dan berkata: "Ya Allah! izinkan aku bersujud syukur kepada-Mu! Sesungguhnya Engkau telah menyelamatkan salah seorang dari umat Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dari siksaku karena aku malu dengannya kalau aku menyiksa salah seorang dari umatnya. Wajib bagiku mentaati-Mu."

Allah menjelaskan keutamaan sedekah dalam Al-Qur'an:

خُذۡ مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمۡ وَتُزَكِّيۡهِمۡ بِهَا وَصَلِّ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ سَمِيۡعٌ عَلِيۡمٌ‏

Artinya: "Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya sholatmu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS. At-Taubah Ayat 103)

Maksud "sholatmu itu (menumbuhkan) ketentraman jiwa bagi mereka" adalah doa dan istghfarmu untuk mereka adalah penentram bagi mereka. Sesungguhnya Allah telah menerima sedekah mereka.

Allah berfirman: "Tidakkah mereka mengetahui bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan menerima sedekah-sedekah." (QS. at-Taubah: 104)

Ganjaran 700 Kali Lipat Berkat Doa Rasulullah
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhu, ketika ayat ini diturunkan: "Barangsiapa beramal kebaikan seberat dzaroh maka ia akan melihatnya, maka Rasulullah SAW berkata: "Ya Allah! Balasan ini adalah sedikit bagi umatku."

Kemudian Allah 'Azza Wa Jalla berkata: "Apabila kamu menganggap balasan itu sedikit maka satu amal kebaikan bernilai dua kebaikan", yaitu Firman Allah Mereka diberi pahala dua kali lipat atas apa yang mereka sabarkan.

Kemudian Rasulullah SAW berkata: "Ya Allah! Balasan dua kali lipat itu sedikit bagi umatku."

Kemudian Allah berkata: "Kalau begitu satu kebaikan diganjar 10 kali lipa yaitu Firman-Nya Barang siapa melakukan satu kebaikan maka ia mendapat 10 kali lipat kebaikan itu.

Rasulullah SAW berkata: "Ya Allah! Balasan 10 kali lipat itu juga sedikit bagi umatku."

Kemudian Allah berkata: "Kalau begitu satu kebaikan dilipatkan 700 kali yaitu Firman Allah "Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan harta-harta mereka di jalan Allah adalah seperti satu biji yang menumbuhkan 7 tunas dimana setiap satu tunasnya terdapat 100 biji. Allah akan melipat gandakan (amal) hamba yang Dia kehendaki. Dan Allah adalah Dzat Yang Maha Luas (anugerah) dan Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqoroh: 261)

Kemudian Rasulullah SAW berkata: "Ya Allah! Tambahilah balasan kebaikan untuk umatku!"

Kemudian turunlah ayat berikut: "Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan." (QS Al-Baqarah Ayat 245)

Kemudian Rasulullah SAW berkata: "Ya Allah! Tambahilah balasan kebaikan untuk umatku!"

Kemudian diturunkanlah ayat berikut:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)