3 Keutamaan Sedekah pada Hari Jumat

Senin, 11 April 2022 - 18:25 WIB
loading...
3 Keutamaan Sedekah pada Hari Jumat
Sedekah pada hari Jumat memiliki banyak keutamaan karena hari tersebut merupakan penghulu semua hari yang diberkahi Allah. Foto/dok Dompet Dhuafa
A A A
Ali Bastoni
Ketua Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa

Di dalam ayat Al-Qur'an disampaikan bahwa sedekah memiliki banyak keutamaan. Sedekah juga adalah amalan yang senantiasa dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) untuk berbagi dan membantu sesama yang membutuhkan.

Dengan begitu, akan muncul sikap empati sosial yang tinggi dan tentunya memudahkan orang lain. Seperti yang disampaikan dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261: "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui."

Namun, sedekah di hari Jumat ternyata memiliki banyak keutamaan lainnya. Hari Jumat adalah waktu yang utama dan penuh dengan berkah Allah SWT. Hal ini juga disampaikan dalam sebuah hadits, Salamah dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: "Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah 'Azza wa Jalla menciptakan Adam. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan doa itu." (HR Muslim)

Untuk itu, Nabi Muhammad SAW memberikan teladan memperbanyak sedekah di hari Jumat dibanding hari lainnya. Beliau juga memperbanyak amalan lainnya di hari Jumat. Tentang keutamaan sedekah di hari Jumat lainnya, berikut penjelasannya.

Beberapa Keutamaan Sedekah di Hari Jumat
Dari beberapa riwayat hadits, ternyata hari Jumat memang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam yang bersedekah. Tentunya kesempatan beramal ini tidak boleh disia-siakan begitu saja, agar mendapatkan manfaatnya. Di antaranya adalah:

1. Lebih Besar Pahalanya
Dikutip dari harkahislamiyah.com, Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwayatkan: "Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya."

2. Seperti Sedekah di bulan Ramadhan
Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata: "Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya."

3. Didoakan oleh Para Malaikat
Di pagi hari, sedekah juga menjadi keutamaan. Apalagi jika melaksanakannya di hari Jumat. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW: "Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan." (HR Bukhari dan Muslim)

Tips Mudah dan Ringan dalam Bersedekah
Menafkahkan harta di jalan Allah memang tidak selalu mudah. Kadang ada ujian, godaan, atau hambatan lainnya yang membuat kita enggan untuk bersedekah dari harta yang kita miliki. Namun tentu saja, dibalik sulitnya hal tersebut, selalu ada kemudahan. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Di antaranya seperti tiga hal berikut:

1. Jangan Ragu untuk Bersedekah Walaupun Kecil
Terkadang, keraguan untuk bersedekah muncul karena kita malu dengan jumlah yang kita sedekahkan. Hal ini harus ditepis. Pahamilah bahwa walaupun kecil, tapi berasal dari rezeki halal kita serta niat ikhlas untuk konsisten melakukannya, pasti akan membawa keberkahan dan pahala yang besar bagi kita.

2. Buat Anggaran Khusus untuk Kita Bersedekah
Jika memang kita ingin bersedekah untuk tujuan atau program tertentu yang memiliki manfaat besar, coba buat tabungan khusus untuk kita bersedekah. Niatkan dan lakukan secara konsisten bahwa itu memang untuk bersedekah. Namun, jika kita tidak bisa melakukan dengan cara ini, ada baiknya jangan tunda sedekah agar amalan bisa langsung kita laksanakan.

3. Meneladani dan mempelajari sejarah para Nabi dan Sahabat
Agar bisa mendapatkan makna dari bersedekah, kita bisa mepelajari bagaimana Nabi dan para sahabat di masa lalu dalam menginfakkan hartanya di jalan Allah. Bagaimana Umar Bin Khattab, Abu Bakar, Utsman, tidak ragu menggelontorkan hartanya untuk Islam. Temukan kebermaknaannya dari mereka dan niatkanlah bahwa kita pun ingin meneladani kehidupannya.

Semoga rezeki kita semakin berkah dengan bersedekah! Jangan ragu untuk mengeluarkan sebagian harta kita untuk memberi manfaat pada sesama, karena kelak Allah menggantinya dengan keberkahan berkali lipat..

Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.https://dompetdhuafa.org/

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)