Tutup Istiqlal Halal Expo, Nasaruddin Umar: Jadikan Masjid Pusat Ekonomi Umat

Rabu, 27 April 2022 - 23:13 WIB
loading...
Tutup Istiqlal Halal Expo, Nasaruddin Umar: Jadikan Masjid Pusat Ekonomi Umat
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri). Foto/MPI/Iqbal Dwi Purnama
A A A
JAKARTA - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar resmi menutup gelaran Istiqlal Halal Expo yang berlangsung selama 10 hari di kawasan sekitar masjid Istiqlal , Jakarta Pusat.

Menurut Nasaruddin, dengan berlangsungnya ajang tersebut akan sangat membantu banyak masyarakat terutama dari aspek ekonomi. Setidaknya dapat membantu memasarkan produk UMKM kepada 10.000 pengunjung yang datang setiap harinya.

Mantan Wakil Menteri Agama (Wamenag) itu mengharapkan acara tersebut bisa digelar secara berkelanjutan. Sehingga, bisa mengubah paradigma masjid yang sebelumnya diberdayakan umat menjadi masjid yang memberdayakan umat.

"Bagaimana kita menjadikan masjid ini pusat perekonomian umat, bagaimana menjadikan masjid Istiqlal ini sebagai contoh masjid di Indonesia," ujarnya di Masjid Istiqlal, Rabu (27/4/2022).



"Dahulu masyarakat yang memberdayakan masjid, sekarang ini masjid yang memberdayakan umat," sambungnya.

Menurutnya hal tersebut yang seharusnya menjadi visi dan misi setiap masjid di Indonesia. Agar bisa lebih dulu setidaknya memberdayakan masyarakat yang ada di lingkungannya.

"Kita nanti ke depan akan menuju kepada kemandirian masjid, saat ini masjid harus mampu memberdayakan diri sendiri dan kalau perlu memberdayakan masyarakat," tandasnya.



Selama 10 hari penyelenggara Istiqlal Halal Expo, pihak penyelenggara mencatat total transaksi hingga Rp5 miliar. Transaksi tersebut dilakukan pada produk-produk UMKM yang berada di tenant-tenant di halaman masjid.



"Terima kasih kepada seluruh pengunjung expo, yang telah turut menyejahterakan masjid Istiqlal, sisa waktu ramadhan ini mari kita konsentrasi beribadah di masjid Istiqlal," tutup Nasaruddin.
(ind)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)