Terkumpulnya 3 Doa Mustajab pada Orang yang Tengah Mudik, Yuk Amalkan!

Minggu, 01 Mei 2022 - 15:19 WIB
loading...
Terkumpulnya 3 Doa Mustajab pada Orang yang Tengah Mudik, Yuk Amalkan!
Untuk orang yang tengah bersafar (mudik) dalam keadaan berpuasa, ada 3 doa mustajab sekaligus yang bisa diamalkan, yakni doa orang berpuasa, doa orang tua untuk anaknya dan doa orang bersafar. Foto ilustrasi/ist
A A A
Pada beberapa waktu terakhir Ramadhan ini, banyak umat muslim yang tengah mudik ( bersafar ) ke rumah orang tuanya di kampung halaman. Dan tahukah Anda, bahwa pada mereka yang tengah bersafar (mudik) dalam keadaan berpuasa, terkumpul keutamaan doa yang mustajab .

Ustadz dr Raehanul Bahraen menjelaskan, tentang terkumpulnya keutamaan doa yang mustajab pada orang yang tengah mudik ini berdasarkan hadis berikut:



Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

ثلاثُ دَعَواتٍ لا تُرَدُّ : دعوةُ الوالدِ ، و دعوةُ الصائمِ ، و دعوةُ المسافرِ


“Ada tiga doa yang tidak tertolak: 1) doa orang tua (kepada anaknya) 2) orang orang yang berpuasa 3) doa orang yang sedang safar” (HR. Al Baihaqi, dishahihkan Al Albani)

"Karena itu, hendaknya memperbanyaklah doa ketika anda sedang mudik safar menuju orang tua anda, dan segera beritahu orang tua anda bahwa anda sedang menuju ke rumah mereka, tentu orang tua anda akan berdoa kebaikan yang banyak untuk anda,"ungkap dai alumnus Mahad Al-Ilmi Yogyakarta ini.

Dai yang juga seorang dokter ini mengingatkan, ikhlaskan niat dan buatlah orang tua senang sebagaimana dahulu mungkin pernah membuat mereka menangis sedih, buat mereka tertawa bahagia riuh ceria cucu-cucu yang bermain dan berlarian di rumah orang tua.

"Semua doa mustajab terkumpul dan semoga anda mendapatkan kebaikan yang banyak. Mudik ke rumah orang tua adalah kesempatan berbakti dan memanen besar pahala terutama di Ramadhan, yaitu ridha orang tua,"paparnya.

Allah sering menyebut dalam Al-Qur'an, setelah hak Allah, maka selanjutnya hak orang tua yang diprioritaskan sebelum hak orang lain

Allah berfirman,

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا


“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua” (QS. An Nisa: 36).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)