Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Minggu, 01 Mei 2022 - 23:02 WIB
loading...
Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya
Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Takbir Idul Fitri dimulai dari sejak terbenam matahari (waktu magrib) terakhir Ramadhan sampai selesai pelaksanaan salat Ied. Umat muslim disunahkan mengagungkan kebesaran Allah dengan mengumandangkan Takbir. Bacaan takbir akan lebih afdhol jika kita melafalkan secara lengkap dan memahami artinya.

Allah berfirman:
شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ


Artinya: "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." ( QS Al-Baqarah: 185 )



Ibnu Abbas mengatakan, "Wajib bagi kaum muslimin (apabila mereka telah melihat hilal Syawal) untuk bertakbir, mengagungkan Allah sampai selesai hari raya mereka."

Setiap muslim dianjurkan mengumandangkan takbir dari rumah sampai tiba di lapangan (tempat salat Ied). Setiap muslim harus tetap bertakbir sambil menunggu imam dan berhenti ketika imam dan khatib memulai khutbahnya.

Imam Syafi'i berkata, "Mereka terus bertakbir (dari malam Idul Fitri) sampai menuju ke lapangan (tempat salat) dan setelah sampai (di tempat salat) sampai imam keluar untuk (salat dan berkhutbah) kemudian mereka meninggalkan (berhenti) bertakbir."

Berikut Bacaan Takbir Lengkap dan Sempurna:

اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar... Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar. Allahu Akbar wa lillaahil-hamd.

اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً

Allahu Akbar kabiiraa, walhamdulillaahi katsira, wa subhaanallahi bukrataw-wa ashillaa.

لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

Laa ilaaha illallallahu walaa na'budu illaa iyyaahu mukhlishina lahuddiin walau karihal kaafiruun.

لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ

Laa ilaaha illallaahu wahdah, shadaqa wa'dah, wanashara 'abdah, wa a'azza jundahu, wa hazamal ahzaaba wahdah.

لاإِلهَ إلا اللهُ وَاللهُ أَكْبرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّهِ الحَمْدُ

Laa ilaha illallaahu wallahu Akbar. Allahu Akbar wa Lillaahil-hamd.

Artinya:
Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah dan Allah Mahabesar.
Allah Mahabesar dan segala puji hanya bagi Allah Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar Allah Mahabesar dengan segala kebesaran, Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, Dan Mahasuci Allah sepanjang pagi dan sore. Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya. Tiada Tuhan selain Allah dengan ke Esaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan keEsaan-Nya. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar. Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.



Untuk diketahui, takbir yang disunnahkan pada setiap selesai salat disebut takbir muqayyad. Sedangkan takbir yang disunnahkan tidak pada setiap selesai salat disebut takbir mursal.

Demikian bacaan takbir Idul Fitri dan terjemahannya. Bacaan takbir ini hendaknya dibaca dengan hati yang khusyuk dalam rangka membesarkan dan memuji Allah.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)