4 Doa Taubat Lengkap Bacaan Arab dan Latin

loading...
4 Doa Taubat Lengkap Bacaan Arab dan Latin
Islam mengajarkan cara taubat dengan mengakui dan menyesali kesalahan lalu bertaubat memohon ampun kepada Allah yang Maha Pengasih. Foto ilustrasi/Ist
Setiap manusia tentu tidak luput dari salah, kelalaian, dan perbuatan dosa. Berikut ini doa-doa taubat terbaik yang dapat kita amalkan.

Untuk diketahui, Allah sangat mencintai orang-orang yang bertaubat dan kembali kepada-Nya. Dia selalu membuka pintu taubat bagi siapa saja yang ingin memperbaiki diri dari segala kesalahan dan kelalaian.

Baca Juga: Cara Taubat Nasuha dan Tanda-tandanya

Islam mengajarkan cara taubat dengan mengakui dan menyesali kesalahan lalu memohon ampun kepada Allah yang Maha Pengasih.

Selain memperbanyak istighfar, umat muslim dapat mengamalkan sholat sunnah taubat. Kemudian memperbanyak doa-doa taubat dan memperbanyak amal saleh untuk menutupi kesalahan masa lalu.

Berikut 4 Doa Taubat Terbaik:

1. Doa Taubat yang diajarkan Rasulullah SAW

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal 'azhiim, Alladzii laa ilaaha illaa Huwal hayyul qoyyum, wa atubu ilaih.

Artinya: "Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya." (HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim)

2. Doa Taubat Pendek

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbighfir lii wa tub 'alayya, innaka antat-tawwaabur-rohiim.

Artinya: "Ya Rabbku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (HR Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari)

3. Doa Taubat yang Diajarkan Rasulullah SAW keada Abu Bakar Ash-Shiddiq

لَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِيْ، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Allaahumma innii zholamtu nafsi zhulman katsiiron, wa laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta, faghfir lii maghfirotan min 'indika, warhamni, innaka antal ghofuurur-rahim.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (HR. Al-Bukhari 834 dan Muslim 2705)

4. Doa Taubat Rasulullah SAW Sebelum Wafat

سُبْحَانَكَ وَبِحَمْدِكَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhaanaka wa bihamdik. Astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: "Maha Suci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku mohon ampunan-Mu. Aku bertaubat kepada -Mu."

Itulah empat doa taubat terbaik yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Semoga Allah berkenan mengampuni dosa-dosa kita di masa lalu dan masa mendatang baik yang besar maupun kecil.

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Lengkap Latin dan Artinya

Rizky Darmawan
(rhs)
preload video