Idul Fitri, Pentingnya Jalin Tali Silaturahmi untuk Urai Kebencian dan Intoleransi

Sabtu, 14 Mei 2022 - 20:17 WIB
loading...
A A A
“Tokoh agama dan tokoh masyarakat dapat berperan dalam menyadarkan tentang pentingnya silaturahmi sebagai masyarakat. Yang kedua, menginisiasi terbentuknya forum-forum silaturahmi diantara mereka,”ujarnya.

Sehingga bulan Syawal ini menurutnya seharusnya bisa menjadi bulan atau momentum bagi seluruh umat dan masyarakat untuk berkumpul dan saling bertemu untuk saling bersatu dan saling mengenal terhadap hal-hal yang selama ini dianggap berbeda.

“Dan para tokoh agama serta tokoh masyarakat seharusnya menjadi penyadar dan sekaligus menjadi sosok yang mempertemukan, mempersatukan umat karena adanya kewibawaan dari si tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut.

Terakhir, Direktur Akademi Kebudayaan Islam Jakarta ini menyampaikan pesan dan harapannya untuk segenap umat agar budaya silaturahmi tidak hanya dilakukan pada saat Idul Fitri semata, tetapi berkepanjangan.

Sehingga mereka di tengah perbedaan tetap berfokus kepada kebersamaan, sehingga persatuannya tidak tercerai berai di tengah perbedaan.

“Agar seharusnya tidak hanya momentum Idul Fitri saja sebagai momen menjalin silaturahmi. Tetapi harus bisa menginisiasi satu gerakan silaturahmi bersama yang lebih sustainable, misalnya membuat forum silaturahmi dan lain sebagainya berbasis kepada kesamaan di antara kita,” pungkasnya.
(shf)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2701 seconds (0.1#10.140)