Lagi Berhadast, Apakah Doa Wanita Haid akan Dikabulkan?

Senin, 23 Mei 2022 - 12:37 WIB
loading...
Lagi Berhadast, Apakah Doa Wanita Haid akan Dikabulkan?
Meskipun sedang berhadas, wanita haid dianjurkan melakukan berbagai amalan seperti berdoa, berzikir atau bersholawat nabi SAW. Foto ilustrasi/ist
A A A
Selain ibadah sholat dan puasa yang dilarang, masih banyak amalan bagi wanita haid di antaranya bersholawat, berdoa atau berzikir. Yang menjadi pertanyaan apakah ketika wanita haid ini berdoa, maka doanya akan dikabulkan Allah?

Menurut para ulama, di antara perkara yang boleh dan dianjurkan untuk dikerjakan oleh perempuan yang sedang haid adalah membaca doa dan zikir kepada Allah. Haid sendiri bukan penghalang terkabulnya doa oleh Allah. "Karena itu, meski dalam keadaan haid, jika perempuan berdoa, maka doanya bisa saja dikabulkan oleh Allah,"ungkap Ustadz Moh Juriyanto, dai yang juga peneliti el-Bukhari Institute.


Hal ini menurutnya, sebagaimana disebutkan dalam Darul Ifta’ Al-Mishriyah berikut;

أنه يجوز للمرأة أن تدعو الله تبارك وتعالى فى وقت حيضها وفى أى وقت تريده، فإن الدعاء من العبادات التى لا تحتاج إلى طهارة صغرى أو كبرى، الوضوء أو الغسل، فهو من جملة ذكر الله تعالى .الدعاء فى حال الحيض مشروع وحسن ولا كراهة فيه فليس الحيض مانعًا من إجابة الدعاء بإجماع الأمة، فيشرع ذكر الله على أى حال تكون عليه المرأة من حيض أو جنابة


Boleh bagi perempuan untuk berdoa kepada Allah saat ia sedang haid di waktu kapan saja. Ini karena doa termasuk ibadah yang tidak membutuhkan wudhu dan mandi wajib. Doa termasuk bagian berzikir kepada Allah. Berdoa saat haid hukumnya disyariatkan dan baik, dan tidak dimakruhkan. Haid bukan penghalang terkabulnya doa, menurut kesepakatan para ulama. Karena itu, disyariatkan bagi perempuan untuk berzikir kepada Allah kapan saja, baik dalam keadaan haid maupun junub.

"Begitu juga haid bukan penghalang bagi perempuan untuk mendapatkan pahala. Jika perempuan haid berdoa atau berzikir kepada Allah, maka doanya bisa jadi dikabulkan oleh Allah dan ia mendapatkan pahala dengan zikirnya,"paparnya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3507 seconds (0.1#10.140)