Sering Nyeri Saat Haid? Amalkan Doa dan Zikir Ini!

Rabu, 25 Mei 2022 - 10:32 WIB
loading...
Sering Nyeri Saat Haid? Amalkan Doa dan Zikir Ini!
Ada amalan doa dan zikir yang disarankan dibaca kaum wanita saat haid atau mestruasinya terasa nyeri, doa dan zikir ini diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Setiap muslimah dikondrati mengalami siklus datang bulan atau biasa disebut mentruasi/haid . Dan ada di antara mereka yang harus mengalami rasa nyeri ketika tengah haid tersebut. Kondisi ini, jelas dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kaum Hawa ini.
Untuk mengatasi nyeri tersebut, ada ikhtiar yang dilakukan seperti meminum obat pereda nyeri atau cara-cara alami agar rasa nyeri mentruasi ini bisa diatasi.



Namun demikian, selain ikhtiar obat seorang perempuan yang sedang haid ini disarankan untuk banyak berdoa. Ada zikir dan doa yang disarankan Syaikh Utsman bin Hasan bin Ahmad Syakir al-Khubari dalam Kitab Durratun Nashihin fil Wa’zhi wal Irsyad karya Syaikh Utsman bin Hasan bin Ahmad Syakir al-Khubari, untuk diamalkan muslimah dalam menyikapi sakit haid terutama ketika rasa sakit yang menyerang di bagian perut wanita tersebut.

Zikir dan doa ini ternyata disarankan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Muslim, suatu ketika sahabat Utsman bin Abil ‘Ash sedang merasakan sakit di bagian tubuhnya.

Ia pun mendatangi Rasulullah dan mengadukan rasa sakitnya itu. Mendengar hal itu, Rasulullah menyarankan untuk melakukan seperti berikut ini,

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ثَلاَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ


“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan,” (HR. Imam Muslim).

Dengan begitu, kata Syaik Utsman bin Hasan, apabila muslimah merasakan nyeri haid, letakkan tanganmu di atas perut. Bacalah al Basmallah sebanyak tiga kali. Kemudian, bacalah doa di bawah ini kurang lebih tujuh kali.

أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ


A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri ma ajidu wa uhaadziru

“Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

Doa tersebut dapat dilantunkan untuk menyembuhkan rasa sakit pada bagian tubuh lainnya. Insya Allah dengan mengikuti langkah dan doa tersebut, Allah akan memudahkan untuk mengangkat rasa sakitnya.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)