Doa dan Ayat Al-Qur'an yang Paling Ditakuti Jin dan Setan

loading...
Doa dan Ayat Al-Quran yang Paling Ditakuti Jin dan Setan
Doa dan ayat Al-Quran yang paling ditakuti Jin dan setan mudah dihafal dan dianjurkan dibaca setiap hari. Foto/dok Channel Youtube Andi Richiez
Doa dan ayat Al-Qur'an yang paling ditakuti Jin dan setan perlu diketahui kaum muslimin. Doa ini bisa menjadi pegangan kita agar dilindungi dari gangguan dan tipu daya Jin dan setan.

Jin dan setan adalah makhluk yang tidak tampak dan tidak dapat dijangkau akal manusia karena mereka ghaib. Jin memiliki karakter pendusta dan bersifat lemah. Sedangkan setan adalah setiap yang durhaka dari kalangan Jin dan manusia. Adapun Iblis adalah nenek moyang dari bangsa Jin.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Keutamaan Ta'awudz, Doa Perlindungan dari Setan

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Sungguh aku melihat setan-setan dari Jin dan manusia lari menjauhi Umar Ibn Khattab." (HR. at-Tirmidzi)

1. Doa yang Paling Ditakuti Jin dan Setan
Doa ini pernah dibaca oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam ketika Isra Miraj hingga membuat Jin Ifrit tersungkur.

Dikisahkanm, ketika Rasulullah dalam perjalanan Isra Miraj, Jin Ifrit datang mengincar beliau sambil membawa api. Jibril berkata kepada Rasulullah SAW: "Maukah engkau aku ajarkan satu kalimat, apabila engkau mengucapkannya maka apinya akan padam dan dia akan jatuh tersungkur pada wajahnya?". Maka Rasulullah berkata: "Ajarkan aku wahai Jibril." Kemudian Jibril berkata:

أَعُوذُ بِوَجْهِ اللهِ الكَرِيمِ وَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّات الَّتِي لاَ يُجَاوِزُ هُنَّ بَرٌّ و لا فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاء وَ مِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا وَ مِنْ شَرِّ ما ذَرَأَ فِي الأَرْضِ وَ مِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَ مِنْ فِتَنِ الَّليْلِ وَ النَّهَارِ وَ مِنْ طَوَارِقِ اللَّيْلِ وَ النَّهَارِ إِلاَّ طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَن

A'udzu biwajhillahil Kariimi wa bikalimaatillahit Tammaat Allatii Laa yujaawizu Hunna barru wa Laa Faajirun min syarri Ma yanzilu minassamaai wa min syarri ma ya'ruju fiiha wa minsyarri ma dzaro fil ardhi wa min syarri ma yakhruju minha wa min fitanil laili wannahari wa min thowaariqil laili wannahaari illa thoriqon yathruqu bikhoirin Ya Rohman.

Artinya: "Aku berlindung dengan kemuliaan Allah Yang Maha Dermawan dan dengan firman-firman Allah yang sempurna yang tidak bisa ditembus oleh orang baik maupun orang jahat, dari keburukan yang turun dari langit, dan dari keburukan yang naik ke langit, dan dari keburukan makhluk yang ada di bumi, dan dari keburukan yang keluar dari bumi, dan dari fitnah siang dan malam, dan dari kejadian yang datang tiba-tiba di siang dan malam, kecuali sesuatu kejadian yang datang membawa kebaikan, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih".

Doa lain yang ditakuti Jin dan setan adalah doa Rasulullah yang tercantum dalam Al-Qur'an Surat Al-Mu'minun Ayat 97-98 berikut:

رَّبِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّيٰطِيْنِۙ، وَاَعُوْذُ بِكَ رَبِّ اَنْ يَّحْضُرُوْنِ

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada-Mu agar mereka tidak menyertaiku." (QS Al-Mu'minun: 97-98)

2. Ayat Al-Qur'an yang Paling Ditakuti Jin dan Setan
Selain doa di atas, berikut ini ayat Al-Qur'an yang paling ditakuti Jin dan setan. Ayat ini sangat masyhur dan memiliki keutamaan yang agung yaitu Ayat Kursi. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya ia (Ayat Kursi) adalah ayat yang sangat agung yang terdapat dalam Al-Qur'an."

Ayat Kursi terdapat dalam Surat Al-Baqarah Ayat 255. Ayat ini berisi tentang keesaan Allah dan kekuasaan-Nya yang mutlak. Diriwayatkan dari Abdullah bin Ubay bin Ka'ab, ayahnya (Ka'ab) pernah bercerita kepadanya bahwa ia memiliki sebuah wadah besar berisi kurma. Ayahnya biasa menjaga tong berisi kurma itu tetapi ia menjumpai isinya berkurang. Pada suatu malam saat ia menjaganya, tiba-tiba ia melihat seekor hewan yang bentuknya mirip dengan anak laki-laki berusia baligh.

Lalu Ka'ab mengucap salam kepadanya. Makhluk itu pun menjawab salam Ka'ab. "Siapa kamu, Jin atau manusia?" tanya Ka'ab. "Aku Jin," jawabnya. "Kemarikanlah tanganmu ke tanganku."

Makhluk itu mengeluarkan tangannya ke Ka'ab, ternyata tangannya seperti kaki anjing begitu pula bulunya. "Apakah memang demikian bentuk Jin itu?" tanya Kaab lagi. "Kamu sekarang telah mengetahui Jin. Di kalangan mereka, tidak ada yang lebih kuat daripada aku."

"Apa yang mendorong berbuat demikian?" "Telah sampai kepadaku bahwa kamu adalah seorang manusia yang suka bersedekah, maka kami ingin memperoleh sebagian dari makananmu."

"Hal apakah yang dapat melindungi kami dari gangguan kalian?" Jin itu berkata: "Ayat ini, yakni Ayat Kursi."

Esok harinya, Ka'ab berangkat menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu menceritakan hal itu kepada beliau. Nabi bersabda: "Benarlah apa yang dikatakan oleh si jahat itu." (HR Hakim, dikutip Ibnu Katsir saat menafsirkan Ayat Kursi)

Dalam riwayat lain diceritakan kisah Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu yang berhasil menangkap seorang pencuri di gudang zakat saat bulan Ramadhan. Ketika pencuri itu tertangkap, ia mengajarkan kalimat agung kepada Abu Hurairah agar ia tidak ditawan.

"Kalau kamu tidur, bacalah Ayat Kursi: Allahu laa Ilaha illaa Huwal-Hayyul Qayyuum... sampai akhir ayat. Dan ia katakan pula: "Jika engkau membaca itu, maka engkau akan selalu dijaga oleh Allah, dan tidak akan didekati setan hingga pagi hari." Rasulullah SAW memberi tahu Abu Hurairah bahwa pencuri itu adalah setan yang menyamar.

Selain Ayat Kursi, ayat yang paling ditakuti dan dibenci Jin dan setan adalah Ayat pertama pembuka Surat Al-Fatihah yaitu kalimat "Basmalah".
halaman ke-1
preload video