5 Manfaat dan Keutamaan Ta'awudz, Doa Perlindungan dari Setan

loading...
5 Manfaat dan Keutamaan Taawudz, Doa Perlindungan dari Setan
Keutamaan bacaan taawudz dapat mengusir seseorang dari gangguan setan. Foto ilustrasi/Ist
Ta'awudz ( ta'awuz ) atau isti'adzah adalah doa atau kalimat memohon perlindungan kepada Allah 'Azza wa Jalla dari gangguan setan yang terkutuk. Doa ta'awudz ini biasanya dilafazkan seseorang ketika hendak membaca Al-Qur'an atau berdzikir.

Lafaz Ta'awudz (أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ): A'uudzu billaahi minasy-syaithoonir rojiim. Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Ta'ala dari goadaan setan yang terkutuk". (Baca Juga: Baca Kalimat Ini Jika Merasa Diganggu Setan Saat Salat )

Dai yang Founder Cinta Rasul Community, Habib Ali Zaenal Abidin Al-Kaff menjelaskan hakikat dan manfaat ta'awudz dalam kajiannya di Majelis Daar Fatiha, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan.

"Kita diperintahkan membaca ta'awudz sebelum membaca Al-Qur'an . Adapun Basmallah dibaca di setiap surat. Ta'awudz bukan Firman Allah. Namun, sebagian Ulama menyatakan sunnah membaca ta'awudz," kata Habib Ali Zaenal Al-Kaff.

Perintah membaca ta'awudz ini ada dalam Al-Qur'an :

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

"Apabila kamu membaca Al-Qur'an hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk." (QS. An-Nahl: Ayat 98)

Habib Ali Zaenal menyatakan bahwa membaca ta'awudz itu sunnah dan perkara yang bagus yang disyariatkan dalam Islam. (Baca Juga: Amalan yang Bisa Membentengi Diri dari Setan )

Berikut Keutamaan dan Manfaat Bacaan Ta'awudz:

1. Setan Kabur Ketika Dibacakan Ta'awudz.
Kita akan mendapatkan perlindungan Allah Ta'ala dari gangguan setan. Kita harus meyakini Allah Maha Mampu dan setan itu lemah. Karena kita hamba yang lemah, maka mintalah bantuan Allah dengan membaca taa'wudz, sehingga setan tak akan mengganggu kita alias kabur.

2. Membuat Lisan Kita Semakin Suci.
Ta'awudz menjadi alat yang dapat menyucikan lisan seseorang. Dengan sering membaca ta'awudz maka lisannya pun akan terjaga dari hal-hal yang mungkar.

3. Dekat dengan Para Malaikat.
Ketika seseorang membaca ta'awudz maka setan dan balatentaranya akan lari, dan para Malaikat akan mendekat kepada kita. Malaikat senang seangdengan orang yang sering mengucap lafaz Allah dan berdoa pada-Nya.

4. MenunjukkanSeseorang Dekat dengan Al-Qur'an.
Ahli ta'awudz atau orang yang senang dengan doa perlindungan itu menjadi salah satu indikator seseorang dekat dengan Al-Qur'an . Disebut dekat dengan Al-Qur'an karena ia sering membaca Al-Qur'an, dan orang yang membaca Al-Qur'an biasanya selalu mengawali bacaannya dengan ta'awudz.

5. Setan Paling Marah Jika Seseorang Dekat dengan Hal yang Baik.
Semakin tinggi derajat seseorangmu, maka semakin tinggi pula godaan setan menghampirinya. Semakin saleh seseorang, kemungkinan tergelincir lebih besar. Bacaan ta'awudz merupakan salah satu bacaan yang dibenci setan dan membuatnya marah.

(Baca Juga: Banyak Pasien Sembuh dari Corona, Jadi Sumber bagi Ilmu Kesehatan )

Habib Ali Zaenal Abidin Al-Kaff mengatakan, memahami Al-Qur'an tanpa guru itu berbahaya. Karena Al-Qur'an itu bahasa Arab dan orang yang bisa memahami Al-Qur'an harus paham bahasa Arab. Seperti diketahui Bahasa Arab ada 13 cabang Ilmu. "Kadang ilmu Nahwu, kitab yang paling kecil aja gak tamat-tamat. Banyak sekali ilmu Bahasa Arab, artinya gak mudah memahaminya," jelasnya.

Demikian tausiyah singkat tentang keutamaan ta'awudz. Semoga kita bisa mengamalkannya agar terlindung dari godaan setan yang terkutuk. (Baca Juga: Doa Ruqyah Ini Sembuhkan Penyakit 'Ain dan Gangguan Jin )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
preload video