Tiba di Bandara Madinah, Jamaah Haji Jakarta Dapat Penyambutan Khusus

Minggu, 05 Juni 2022 - 19:01 WIB
loading...
Tiba di Bandara Madinah, Jamaah Haji Jakarta Dapat Penyambutan Khusus
Jamaah haji Indonesia disambut oleh petugas dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi saat tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah. FOTO/SINDOnews/ABDUL HAKIM
A A A
MADINAH - Pemerintah Arab Saudi memberikan perhatian besar kepada para jamaah haji Indonesia. Salah satu bentuk perhatian ini adalah adanya penyambutan secara khusus kepada jamaah yang tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah.

Tak hanya di kloter perdana yang mendarat pada Sabtu (4/6/2022), penyambutan juga diberikan kepada jamaah yang tiba pada Minggu (5/6/2022). Ini seperti dialami jamaah yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG).

Sekeluar dari pintu Terminal Haji 1, semua jamaah yang totalnya 393 orang, satu per satu diarahkan petugas menaiki sebuah panggung kecil berwarna putih yang jaraknya sekitar 12 meter. Selanjutnya di dalam panggung seluas 8 X 3 meter dan diapit dua bendera Saudi itu, jamaah disambut tiga petugas.



Para jamaah mendapat siraman bunga. Tak berapa lama, jamaah juga diberikan kurma selamat datang. Sebelum keluar dari panggung, petugas dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Kemudian jamaah diarahkan petugas PPIH Daker Bandara Madinah berjalan keluar area terminal untuk melanjutkan masuk ke paviliun sebelum beristirahat sejenak dan naik bus.

Pemberian sambutan khusus oleh otoritas Saudi ini mendapat apresiasi dari para jamaah. Mereka merasa kedatangannya sebagai tamu Allah mendapat sambutan hangat. Tak hanya dari petugas Indonesia, sambutan itu diberikan langsung dari pemerintah Saudi.

Baca juga: Puluhan Tahun Menabung, Jurnalis Senior di Sidimpuan Ini Akhirnya Berangkat Haji

Yang membedakan dari penyambutan sehari sebelumnya adalah tidak adanya suvenir berupa sajadah dan kurma. Selain itu, pada hari pertama, jamaah kloter 1 disambut langsung oleh Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Abdurahman al Bejawi, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Azis Ahmad, dan Kepala Kantor Urusan Haji Indonesia Nasrullah Jasam.

"Kami melihat ada komitmen kuat dari Saudi untuk memberikan layanan yang terbaik kepada jamaah haji sejak masuk hingga keluar setelah haji nanti," terang Kepala Daker Bandara PPIH Arab Saudi Haryanto.

Penyambutan jamaah haji luar negeri yang dilakukan oleh Saudi memang lebih hangat dari waktu-waktu sebelumnya. Keramahan kepada para jamaah haji, umrah maupun peziarah ini menjadi salah satu komitmen Saudi menyukseskan Visi 2030.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)