Doa Mencari Orang Hilang agar Bisa Kembali Lagi

Senin, 06 Juni 2022 - 11:13 WIB
loading...
Doa Mencari Orang Hilang agar Bisa Kembali Lagi
Doa mencari orang hilang merupakan upaya seorang muslim untuk orang tersayang yang hilang agar bisa kembali lagi. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa mencari orang hilang merupakan upaya seorang muslim untuk orang tersayang yang hilang agar bisa kembali lagi. Seperti diketahui, menerima kabar kehilangan seseorang baik itu sahabat, anak atau anggota keluarga yang entah hilang saat dalam perjalanan, atau kecelakaan tentu sangat menyedihkan.

Karena itu, selain mengerahkan tenaga dan bantuan, kita juga harus melakukan usaha batin dengan terus memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar orang tersayang yang hilang tersebut bisa kembali ditemukan.



Doa mencari orang hilang ini berdasarkan apa yang pernah dilakukan oleh Sahabat Umar bin Khattab yang diriwayatkan at-Thabrani dan Abi Syaibah,

أَنَّ مَنْ ضَاعَ لَهُ شَيْءٌ فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ وَلْيَتَشَهَّدْ وَلْيَقُلْ: “بِسْمِ اللهِ يَا هَادِيَ الضَلَالِ وَرَادَ الضَّالَّةِ اُرْدُدْ عَلَيَّ ضَالَّتِيْ بِعِزَّتِكَ وَسُلْطَانِكَ فَإِنَّهَا مِنْ عَطَائِكَ وَفَضْلِكَ


Sesungguhnya, sesiapa yang kehilangan sesuatu maka berwudhulah dan shalat dua rakaat maka saat ia melakukan tasyahud berdoalah di akhir dengan doa;

Bismillaahi ya haadiyaddholaal wa rooddaddhoollati urdud ‘alaa dhoolatii bi’izzatika wa sulthoonika fa innahaa min ‘athoo`ika wa fadhlika”

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah Wahai Pemberi Petunjuk kesesatan dan Yang Mengembalikan sesuatu yang hilang. Kembalikanlah kepadaku sesuatu yang hilang itu dengan sifat KemuliaanMu, KuasaMu dari pemberianMu dan anugerahMu.

Dikutip dari laman bincangmuslimah, berdasarkan catatan al-Hakim, hadis ini diriwayatkan oleh para periwayat yang terpercaya dan tidak ditemukan cacat. Maka bisa dipastikan bahwa hadis ini berstatus shahih.

Amalan dan doa mencari orang hilang ini tidak hanya dilakukan saat kehilangan barang, tapi juga bisa diamalkan saat ada anggota keluarga atau orang tersayang yang hilang agar kembali. Tidak ada batasan berapa kali doa ini dibaca dan sampai kapan doa ini terus dipanjatkan. Selama proses pencarian berlangsung, amalan dan doa ini bisa terus dilakuka sebagai upaya batin untuk menemukan orang atau barang yang hilang.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2294 seconds (0.1#10.140)